Kamu Freelancer? Simak Tips Ini

Kompas.com - 09/11/2019, 18:36 WIB
Dengan menjadi freelancer kita bebas menentukan waktu, tempat, dan beban kerja kita sendiri. SHUTTERSTOCKDengan menjadi freelancer kita bebas menentukan waktu, tempat, dan beban kerja kita sendiri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi milenial saat ini banyak sekali yang tertarik menjadi freelancer.

Pasalnya sebagai freelancer bisa memiliki waktu yang bebas dan tidak membosankan.

Namun konsekuensinya, kebebasan tersebut sering kali berujung pada pendapatan yang diterima ikut bebas. Alias tidap pernah pasti.

Oleh karena itu, freelancer harus bisa menjaga keuangan mereka. Sehingga manakala orderan sepi, kamu tetap bisa tersenyum.

Baca juga: Negara-negara Ini Cocok untuk Para Pekerja Freelancer

Berikut beberapa tips yang dirangkum Kompas.com, agar keuangan kamu tetap terjaga.

1. Data Segala Kebutuhan

Bikin daftarsemua barang kebutuhan kamu mulai dari kebutuhan primer dan sekunder. Pilih mana yang harus dipenuhi secepatnya dan mana yang tidak. Dengan membuat list, kita bisa tahu seberapa banyak yang akan dibeli.

2. Perhatikan Kualitas Barang

Setelah kita mendapat list barang mana yang penting, saat berbelanja perlu diperhatikan kualitas barang. Terkadang harga murah tapi kualitas jelek sama saja artinya mengeluarkan budget lagi. Pilihlah barang mana yang kualitas bagus dan bisa terjaga lama.

3. Siapkan Dana Darurat

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X