Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Mudah Agar Bisa Kaya dari Uang Belanja

Kompas.com - 10/11/2019, 07:07 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Dalam berbelanja entah itu kebutuhan atau memenuhi gaya hidup seringkali kita boros mengeluarkan uang. Padahal niat kita dari awal ialah bagaimana uang yang didapat bisa digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat alias berusaha tidak boros.

Semua ini memang dipengaruhi beberapa faktor, namun tetap saja rasanya cukup sulit dihentikan. Berbelanja yang tidak terkontrol seringkali menimbulkan masalah bagi diri kita sendiri.

Anda yang terlalu sibuk berbelanja bisa saja membuang banyak waktu. Selain itu yang paling penting adalah soal uang Anda yang kabur begitu saja karena terlalu boros, tentu membuat keinginan Anda buat kaya makin sulit dicapai.

Tentunya karena beberapa faktor sulit untuk mengatur keinginan ketika berbelanja apalagi jika sudah di tempat belanja. Jika cita-cita kita ingin jadi kaya namun belum bisa mengatur cara belanja, maka hal tersebut cuma jadi angan-angan saja.

Namun Anda tak perlu berkecil hati. Ada cara jitu atur belanja yang bisa bikin kaya, lho. Berikut cara mudah biar kaya hanya dari uang belanja seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Budayakan Belanja karena Butuh, Bukan Karena Ingin

Ini adalah langkah awal dan dasar dari mengelola uang belanja Anda. Pastikan Anda membelanjakan uang karena kebutuhan yang harus dipenuhi, bukan karena keinginan semata.

Anda harus mengutamakan kebutuhan tersebut dibanding keinginan lain. Ambil contoh jika sedang berada di mall atau toko, seringkali ada banyak produk yang terlihat bagus sehingga ingin dibeli.

Anda harus bisa menahan diri agar mengutamakan hal yang dibutuhkan ketimbang keinginan semata. Dengan cara itu, pengeluaran Anda bisa ditekan dan uangnya ditabung untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

2. Pikirkan Barang Berkali-kali Barang yang akan Dibeli

Sebelum berbelanja, pastikan Anda memikirkan matang-matang barang apa yang akan dibeli. Jangan belanja karena spontan ketika sudah sampai di tempat belanja dan membeli barang semaunya tanpa pikir panjang.

Hal ini justru akan merugikan diri Anda karena membuang-buang waktu dan berpotensi membuang uang secara percuma. Sebab kemungkinan besar Anda akan membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

3. Buat Daftar Belanja Sebelum Membeli

Bila Anda tidak terbiasa memikirkan barang belanjaan, tidak ada salahnya untuk membuat daftar belanja saja. Daftar belanja membuat kegiatan belanja Anda bisa tersusun rapi dan keuangan Anda menjadi lebih terkontrol.

Sebab Anda tahu apa yang dituju dan akan dibeli ketika sesampainya di supermarket. Hal ini tentu bisa menolong Anda agar dapat membatasi keinginan belanja yang tak terkontrol dan menghindari hidup boros.

Baca Juga: Daftar Belanja yang Tepat Bisa Bikin Belanja Lebih Hemat

4. Siapkan Uang Belanja Secukupnya

Selain menyiapkan daftar belanja, penting juga untuk membawa uang secukupnya untuk berbelanja. Hal ini penting agar keinginan belanja Anda bisa direm dengan tepat dan menghindari hidup boros.

Selain itu kebiasaan ini bisa membuat Anda hidup hemat dan uang yang masih ada bisa ditabung dan digunakan untuk hal yang lebih penting lainnya. Cara di atas bisa dilakukan ketika Anda menyiapkan uang tunai sebelum berangkat berbelanja.

Jika menggunakan kartu kredit, Anda bisa batasi penggunaan kartu kredit sebelum akhirnya membengkak. Jumlah pengeluaran yang berkurang tentu akan membuat uang Anda tetap stabil dan bisa digunakan untuk tabungan Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com