Segera IPO, Ini 6 Risiko yang Bakal Dihadapi Saudi Aramco

Kompas.com - 11/11/2019, 08:01 WIB
Tangki dan pipa minyak Aramco di kilang minyak Ras Tanura dan terminal minyak di Arab Saudi pada 21 Mei 2018. (REUTERS/Ahmed Jadallah) Ahmed JadallahTangki dan pipa minyak Aramco di kilang minyak Ras Tanura dan terminal minyak di Arab Saudi pada 21 Mei 2018. (REUTERS/Ahmed Jadallah)

JAKARTA. KOMPAS.com – Saat Saudi Aramco bersiap untuk meluncurkan Penawaran Umum Perdana (IPO) yang telah lama ditunggu-tunggu tahun ini.

Aramco dimiliki dan dioperasikan oleh kerajaan Arab Saudi dan diproyeksikan akan menjadi perusahaan paling menguntungkan di dunia. Meski demikian perusahaan minyak terbesar dunia ini tidak lepas dari berbagai risiko yang akan dihadapi setelah IPO.

“Risiko-risiko berikut ini, yang diidentifikasi sebagai material, tidak harus mencakup semua risiko yang memengaruhi perusahaan atau terkait dengan investasi dalam Saham,” kata seorang analis risiko Aramco, seperti dikutip dari CNBC, Senin (11/11/2019).

Menurut dia, BUMN minyak Arab Saudi ini bisa menghadapi risiko terkait masalah pasokan, permintaan, harga minyak mentah atau berapa banyak minyak yang diputuskan pemerintah Saudi untuk diproduksi.

Baca juga: Ekonom : Kilang Aramco Diserang, Pemerintah Perlu Percepat B20 dan B30

Risiko itu muncul karena Saudi Aramco merupakan anggota kartel minyak OPEC (Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak).

Belum lagi beberapa waktu lalu fasilitas minyak Saudi Aramco sempat diserang oleh pesawat tak berawak, yang memaksa Riyadh memotong produksinya sebesar 50 persen.

Insiden tersebut membutuhkan waktu berminggu-minggu bagi pemerintah Saudi untuk memulihkan kapasitas kilang minyak mereka.

Aramco juga melihat banyak risiko lain, mulai dari perubahan iklim hingga ketergantungan perusahaan pada permintaan dari Asia.

Berikut beberapa risiko yang mungkin akan dihadapi Saudi Aramco setelah IPO :

1. Dampak perubahan iklim terhadap pasar minyak

Dampak perubahan iklim terhadap permintaan, dan harga, hidrokarbon merupakan hal yang dikhawatirkan terjadi usai peluncuran IPO.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X