Begini Cara Astra Tingkatkan Daya Saing Industri Kecil Menengah

Kompas.com - 11/11/2019, 11:51 WIB
President Director PT Astra International, Prijono Sugiarto beserta penjabat Astra Ventura mengunjungi PT Futari Mecca Utama, dalam rangka kunjungan kerja Astraventureday 2019, Cikarang, Jawa Barat,Senin (11/11/2019) KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIPresident Director PT Astra International, Prijono Sugiarto beserta penjabat Astra Ventura mengunjungi PT Futari Mecca Utama, dalam rangka kunjungan kerja Astraventureday 2019, Cikarang, Jawa Barat,Senin (11/11/2019)

CIKARANG, KOMPAS.com - Dalam rangka kegiatan kunjungan lapangan (Genba), Astra Ventura bersama dengan mitra usaha pada hari ini (11/11/2019), mengunjungi tiga Industri Kecil Menengah ( IKM) di wilayah Cikarang, Jawa Barat.

Berawal di wilayah Bekasi, PT Futari Mecca Utama, kemudian PT Senalapan Perkasa Indonesia, dan PT Rachmat Perdana Adhimetal yang berlokasi di Cikarang.

Astraventure Day 2019 yang mengusung tema Initiating SME’s as Enablers of Digitalization merupakan bentuk dukungan Astra Ventura kepada IKM yang telah mendapat dana suntikan untuk mengembangkan usahanya dari segi pemanfaatan teknologi.

Baca juga: Tingkatkan Daya Saing, Teten Masduki Sebut UKM Harus Paham Digital

Tujuannya, agar setiap IKM dapat bersaing secara kompetitif di tengah disrupsi teknologi saat ini.

Digitalisasi dapat membantu menyediakan layanan yang lebih baik dan memproduksi produk dengan kualitas lebih tinggi, tetapi juga mengelola sumber daya internal dengan lebih efisien dan menjangkau pelanggan baru.

Pada kesempatan itu, Presiden Direktur Astra Ventura Jefri R. Sirait mengatakan,  saat ini dunia sedang mengalami perubahan dari global economic ke knowledge economic.

"Era knowledge economic mengharuskan kita bermain dalam creativity, innovation dan terpenting technology. Astra Ventura berperan dalam perkembangan IKM bukan hanya dari sisi financial tetapi juga menjadi connecting dari para stakeholder terutama para innovator technology dan para pemain IKM yang harus terus bertransformasi," tutur Jefri.

Kegiatan yang dilakukan Astra Ventura ini wadah bagi mitra usaha untuk mendapatkan inspirasi dan pembelajaran sekaligus memberikan motivasi kepada mitra usaha agar terus dapat mengembangkan tranformasi digital masa kini.

Astra Ventura menyadari bahwa IKM harus terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas produksi serta pemasaran ke berbagai sektor, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Apalagi, pemerintah telah menggaungkan Revolusi Industri 4.0.

Tidak hanya dalam proses produksi, teknologi juga dimanfaatkan di seluruh rantai nilai industri, sehingga melahirkan model bisnis yang baru dengan basis digital guna mencapai kualitas produk yang lebih baik.

"Kita, Astra Ventura bersama IKM harus siap dalam perubahan, untuk terus belajar dan mampu dalam mengikuti perkembangan manufaktur berbasis teknologi yang semakin cepat. Pembelajaran dengan model yang lebih efektif dan dilakukan bersama, termasuk dengan kelompok start up tech. Kita akan mampu menghadapi tekanan dari perubahan saat ini di dalam ekosistem IKM," katanya.

Astraventure Day 2019 kali ini langsung dihadiri Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto didampingi oleh Presiden Komisaris Astra Ventura Suparno Djasmin dan Presiden Direktur Astra Ventura Jefri R. Sirait beserta jajaran Direksi Astra dan Executive Grup Astra lainnya.

Baca juga: Lewat GrabKios, Grab Ingin UKM Indonesia Melek Digital

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X