Menteri Teten Ajak UKM Bersinergi Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Kompas.com - 11/11/2019, 13:13 WIB
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOMenteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mengatakan dalam berbagai kesempatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan harapannya agar koperasi dan UKM untuk ikut mendorong perekonomian Indonesia menjadi lebih baik.

Dalam keterangan resminya yang diterima Kompas.com, Senin (11/11/2019), ia menegaskan saat ini ekonomi Indonesia sedang tidak bagus akibat dari melemahnya perekonomian global.

"Kenapa Pak Presiden selalu menyampaikan itu? Karena saat ini ekonomi kita sedang melemah. Tapi kita masih bersyukur pertumbuhan ekonomi Indonesia masih di atas 5 persen, negara-negara lain bahkan ada yang sedang minus meskipun ada negara lain yang sedang tumbuh lebih baik lagi," ujarnya.

Teten mengungkapkan, dengan kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang mencapai 60 persen dan penyerapan tenaga kerja 97 persen, maka keberadaan UMKM dan koperasi sangat strategis.

Baca juga: Menkop Ragukan Perkembangan Koperasi, Alasannya?

"Ketika ekonomi swasta atau saya menyebut ekonomi formal sedang melemah, maka harapannya ada di UMKM, karena terbukti fleksibel dan terbukti ketika krisis ekonomi 98, UMKM lah yang menjadi buffer (penyangga)," lanjutnya.

Teten mengajak segenap jajaran Kemenkop dan UKM untuk memiliki semangat yang sama terhadap pengembangan koperasi dan UKM agar lebih memberikan kontribusi pada perekonomian nasional.

"Saya bersama para deputi tengah mendesain ulang ke mana arah kebijakan pembangunan UMKM, karena ke depan kementerian kita menjadi salah satu pilar pembangunan perekonomian nasional," tutupnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X