200 Intansi Belum Bisa Mengumumkan Formasi CPNS Malam Ini

Kompas.com - 11/11/2019, 16:14 WIB
Para peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil Kementerian Keuangan mengikuti ujian kompetensi dasar di Gedung Maria Convention Hall, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (18/10/2017). KOMPAS/RADITYA HELABUMIPara peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil Kementerian Keuangan mengikuti ujian kompetensi dasar di Gedung Maria Convention Hall, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (18/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara ( BKN) menyatakan masih ada sekitar 200 instansi belum bisa mengumumkan formasinya pada pembukaan pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) yang akan dilakukan pada Senin (11/11/2019) pukul 23.11 WIB malam nanti.

“Jadi target kita hari ini pembukaan minimal 300 instansi sudah bisa melakukan pengumuman dan pendaftaran. Sisanya masih ada sekitar 200 karena ada berbagai hal masih dalam proses diminta perbaikan formasi,” ujar Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto di Jakarta, Senin.

Aris menjelaskan, dari 200 yang belum bisa mengumumkan formasinya pada malam ini, tujuh di antaranya adalah instansi pusat. Salah satunya adalah Kementerian Keuangan.

Baca juga : Malam Nanti Pendaftaran Online CPNS Baru Dibuka, Simak Ini Dulu

“Misalnya Kemenkeu, mereka minta diundur sampai tanggal 13 (November) baru formasinya disampaikan. Di Kemenag masih ada data formasi yang perlu diverifikasi kembali, termasuk Kejaksaan Agung,” kata Aris.

Pada tahun 2019 ini Pemerintah membuka 152.286 formasi dengan rincian, Instansi Pusat sebanyak 37.425 formasi pada 68 K/L dan Instansi Daerah 114.861 formasi pada 462 Pemerintah Daerah.

Ada dua jenis formasi yang dibuka pada CPNS tahun 2019 ini, yaitu formasi umum dan formasi khusus.

Formasi khusus meliputi cum laude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi Pusat dan Daerah, serta formasi khusus putra putri Papua dan Papua Barat, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada instansi pusat.

Formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya. Tiga besar formasi pada penerimaan CPNS kali ini adalah guru (63.324 formasi), tenaga kesehatan (31.756 formasi), dan teknis fungsional (23.660 formasi).

Seperti halnya pada penerimaan CPNS sebelumnya, setiap pelamar hanya dapat melamar pada 1 formasi di 1 instansi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X