Ketegangan di Hong Kong Picu Pelemahan Rupiah Hari Ini

Kompas.com - 11/11/2019, 17:17 WIB
Ilustrasi rupiah KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurs rupiah ditutup melemah terhadap dollar AS pada penutupan di pasar spot, Senin (11/11/2019).

Rupiah melemah 53 poin atau 0,38 persen ke level Rp 14.067 per dollar AS dibandingkan penutupan akhir pekan lalu di angka Rp 14.014 per dollar AS.

Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede menyebutkan bahwa pelemahan rupiah dipengaruhi oleh sentimen eksternal terkait dengan ketegangan di Hongkong.

Mengutip The Guardian, Senin, beredar sebuah video yang menunjukkan aksi polisi Hong Kong yang menembak seorang pengunjuk rasa dalam jarak dekat ketika demonstran anti-pemerintah merusak fasilitas publik.

“Kalau dilihat dari sisi nilai tukar, mata uang Asia melemah lagi terhadap dollar Amerika. Ini juga dipengaruhi oleh senitmen ketegangan di Hongkong, yang membuat kehawatiran di pasar regional,” kata Josua kepada Kompas.com, Senin.

Baca juga: Tak Ada Sentimen Penggerak, Rupiah Pagi Melemah

Sepanjang hari ini, rupiah bergerak terus bergerak melemah dari pembukaan awalnya Rp 14.040 per dollar AS.

Tiga mata uang Asia kompak melemah, antara lain yuan China yang berada di level 7.006 per dollar AS atau melemah 0,20 persen.

Adapun mata uang dollar Singapura melemah 0,18 persen ke level 1.361. Sementara itu, mata uang dollar Hongkong melemah 0,02 persen ke angka 7.831.

Namun demikian, mata uang yen Jepang menguat 0,25 persen ke level 108 per dollar AS.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X