Pecahkan Rekor, Penjualan Singles' Day Alibaba Tembus Rp 429 Triliun

Kompas.com - 11/11/2019, 17:43 WIB
Suasana di Xixi Campus Alibaba selama penyelenggaraan Global Shopping Festival 11.11 tahun 2019 di Hangzhou, China. Kompas.com/HildaAlexanderSuasana di Xixi Campus Alibaba selama penyelenggaraan Global Shopping Festival 11.11 tahun 2019 di Hangzhou, China.

HANGZHOU, KOMPAS.com - Raksasa e-commerce China Alibaba mencetak rekor baru penjualan saat pesta belanja online Singles' Day. Ajang yang juga dikenal dengan istilah 11.11 itu merupakan pesta belanja online terbesar di dunia.

Dilansir dari CNBC, Senin (11/11/2019), gross merchandise value (GMV) atau penjualan pada platform Alibaba saat Singles' Day per siang hari waktu setempat menyentuh angka 213,5 miliar yuan atau hampir 30,5 miliar dollar AS, setara sekira Rp 429 triliun.

Angka ini diperkirakan bakal terus menanjak hingga berakhirnya hari ini.

Selama 24 jam, Alibaba menawarkan diskon besar-besaran di seluruh platform e-commerce miliknya, salah satunya adalah Tmall.

Pada tahun lalu, penjualan Alibaba saat Singles' Day melampaui penjualan pesta belanja apapun di AS, termasuk Black Friday dan Cyber Monday.

Untuk mendongkrak penjualan, Alibaba memperluas jumlah produk yang didiskon pada tahun ini. Alibaba juga fokus pada fitur live streaming untuk membantu penjualan produk.

Live streaming menjadi bagian penting dalam pengalaman belanja di beragam platform e-commerce China.

Baca juga: Singles Day, Alibaba Raup Penjualan Rp 323 Triliun dalam 9 Jam

Sejumlah publik figur juga mengomunikasikan pesta belanja online ini kepada para penggemarnya. Sebut saja Kim Kardashian yang mengumumkan penjualan produk wewangian miliknya, yakni KKW di Tmall.

Pemecahan rekor baru penjualan Alibaba saat Singles' Day ini muncul di tengah perlambatan ekonomi yang dihadapi China. Pada saat bersamaan, Alibaba juga menghadapi persaingan dari para rivalnya di dalam negeri.

Platform e-commerce seperti JD.com dan Pinduoduo juga menawarkan beragam diskon. Bahkan, platform-platform e-commerce di Asia Tenggara juga menyelenggarakan pesta belanja online di hari yang sama.

Beberapa produk terlaris pada awal penyelenggaraan Singles' Day tahun ini antara lain ponsel Huawei Mate 30 Pro versi 5G, serta iPhone 11 Pro dan Pro Max besutan Apple.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X