Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecahkan Rekor, Penjualan Singles' Day Alibaba Tembus Rp 429 Triliun

Kompas.com - 11/11/2019, 17:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

HANGZHOU, KOMPAS.com - Raksasa e-commerce China Alibaba mencetak rekor baru penjualan saat pesta belanja online Singles' Day. Ajang yang juga dikenal dengan istilah 11.11 itu merupakan pesta belanja online terbesar di dunia.

Dilansir dari CNBC, Senin (11/11/2019), gross merchandise value (GMV) atau penjualan pada platform Alibaba saat Singles' Day per siang hari waktu setempat menyentuh angka 213,5 miliar yuan atau hampir 30,5 miliar dollar AS, setara sekira Rp 429 triliun.

Angka ini diperkirakan bakal terus menanjak hingga berakhirnya hari ini.

Selama 24 jam, Alibaba menawarkan diskon besar-besaran di seluruh platform e-commerce miliknya, salah satunya adalah Tmall.

Pada tahun lalu, penjualan Alibaba saat Singles' Day melampaui penjualan pesta belanja apapun di AS, termasuk Black Friday dan Cyber Monday.

Untuk mendongkrak penjualan, Alibaba memperluas jumlah produk yang didiskon pada tahun ini. Alibaba juga fokus pada fitur live streaming untuk membantu penjualan produk.

Live streaming menjadi bagian penting dalam pengalaman belanja di beragam platform e-commerce China.

Baca juga: Singles Day, Alibaba Raup Penjualan Rp 323 Triliun dalam 9 Jam

Sejumlah publik figur juga mengomunikasikan pesta belanja online ini kepada para penggemarnya. Sebut saja Kim Kardashian yang mengumumkan penjualan produk wewangian miliknya, yakni KKW di Tmall.

Pemecahan rekor baru penjualan Alibaba saat Singles' Day ini muncul di tengah perlambatan ekonomi yang dihadapi China. Pada saat bersamaan, Alibaba juga menghadapi persaingan dari para rivalnya di dalam negeri.

Platform e-commerce seperti JD.com dan Pinduoduo juga menawarkan beragam diskon. Bahkan, platform-platform e-commerce di Asia Tenggara juga menyelenggarakan pesta belanja online di hari yang sama.

Beberapa produk terlaris pada awal penyelenggaraan Singles' Day tahun ini antara lain ponsel Huawei Mate 30 Pro versi 5G, serta iPhone 11 Pro dan Pro Max besutan Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com