Mastercard dan Tappy Technology akan Luncurkan Pembayaran "Contactless" di Jam Tangan

Kompas.com - 11/11/2019, 20:36 WIB
CEO Tappy Technology, Wayne Leung (kiri) dan Senior Vice President, Digital Payments and Labs Mastercard untuk Asia Pasifik, Ben Gilbey (kanan) di Singapore Expo, Tampines, Singapura, Senin (11/11/2019). KOMPAS.com/Devina HalimCEO Tappy Technology, Wayne Leung (kiri) dan Senior Vice President, Digital Payments and Labs Mastercard untuk Asia Pasifik, Ben Gilbey (kanan) di Singapore Expo, Tampines, Singapura, Senin (11/11/2019).

SINGAPURA, KOMPAS.com - Mastercard bekerja sama dengan Tappy Technologies untuk menghadirkan teknologi pembayaran contactless atau nirkontak pada sejumlah aksesoris.

Hal itu diumumkan di acara Singapore FinTech Festival (SFF) x the Singapore Week of Innovation and TeCHnology (SWITCH) 2019.

Senior Vice President, Digital Payments and Labs Mastercard untuk Asia Pasifik, Ben Gilbey, mengatakan bahwa teknologi itu akan diterapkan pada sejumlah aksesoris seperti jam tangan analog hingga gantungan kunci.

"Kolaborasi dengan pelopor di bidang teknologi sangat penting bersamaan dengan pengembangan ekosistem pembayaran yang dilakukan Mastercard dengan menjadikan semua perlengkapan sebagai alat pembayaran, termasuk jam analog, kacamata hitam, gantungan kunci, perhiasan, dan lainnya," kata Ben di Singapore Expo, Tampines, Singapura, Senin (11/11/2019).

Baca juga : Mastercard Luncurkan Program untuk Mudahkan Kerja Sama dengan Fintech

Kendati demikian, produk pertama yang akan dipasarkan adalah jam tangan analog. Mereka bekerja sama dengan Timex Group.

Rencananya, produk tersebut mulai beredar di pasaran pada semester pertama tahun 2020.

Sementara itu, CEO Tappy Technology, Wayne Leung, menjelaskan bahwa teknologi mereka akan mendigitalkan kartu pembayaran menjadi bentuk token.

Wayne menuturkan, konsumen perlu mengunduh aplikasi agar data mengenai kartu tersebut masuk ke dalam chip yang berada di jam tangan. Proses itu, katanya, hanya perlu dilakukan satu kali di awal.

"Kemudian konsumen mengunduh aplikasi white-labelled, ini bukan Tappy App, tetapi akan berupa Timex Pay App atau Guess Pay App," katanya.

"Lalu konsumen tinggal mengambil foto kartu Mastercard yang dimiliki, sama seperti yang perlu dilakukan dengan Apple Pay dan Google Pay, dan meminta token, lalu mendigitalkan token itu dan mendorongnya (transfer) ke dongle yang berada di atas," sambung dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X