PT Futari, Industri Kecil yang Berhasil Memasok Suku Cadang ke Astra

Kompas.com - 11/11/2019, 21:26 WIB
President Director PT Astra International, Prijono Sugiarto beserta penjabat Astra Ventura mengunjungi PT Futari Mecca Utama, dalam rangka kunjungan kerja Astraventureday 2019, Cikarang, Jawa Barat,Senin (11/11/2019) KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIPresident Director PT Astra International, Prijono Sugiarto beserta penjabat Astra Ventura mengunjungi PT Futari Mecca Utama, dalam rangka kunjungan kerja Astraventureday 2019, Cikarang, Jawa Barat,Senin (11/11/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Futari Mecca Utama adalah salah satu perusahaan berskala industri kecil menengah (IKM) binaan Astra.

Perusahaan yang mempunyai 25 karyawan ini berhasil menjadi pemasok suku cadang ke pabrikan mobil yang berada di bawah Astra International.

Futari Mecca Utama didirikan pada tahun 2007 oleh Henry Sontaduga Hamzah yang memiliki latar belakang sebagai sales mesin.

Henry berkisah, saat awal merinstis usaha ini, dia menjalankan bisnis mencarikan barang yang sesuai dengan permintaan konsumen.

Baca juga : Astra Telah Salurkan Permodalan kepada 11.000 UMKM

Dalam perjalanannya, Hendry pun menghadapi berbagai kesulitan. Terutama saat berhadapan dengan kompetitor yang lebih dulu masuk ke bisnis ini.

"Kompetitor (perusahaan) Jepang, karena mayoritas industri otomotif memiliki channel yang besar ke perusahaan Jepang," ujar Hendry ditemui dalam kunjungan kerja Astraventures Day 2019, Cikarang, Senin (11/11/2019).

Namun, kesulitan yang dihadapi itu mulai teratasi setelah Astra Ventura menyuntikkan modal ke perusahaannya. Tak hanya itu, Astra Ventura juga memberikan pendampingan dan bimbingan dalam memproduksi suku cadang kendaraan.

Setelah mendapatkan pendampingan, Futari mencoba untuk memasukkan produknya ke Astra Daihatsu Motor, dan Astra Honda Motor. Kerja keras pun terbayarkan ketika produknya bisa diterima oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

Saat ini, Futari sedang mencoba masuk ke Toyota. Produk unggulan Futari yang kerap dipasarkan adalah film protection, security label dan wild protection. Namun yang sudah masuk ke Agen Distribusi Marketing (ADM) secara langsung adalah security label.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X