Jelang Natal dan Tahun Baru, Menhub Disinggung Soal Kenaikan Harga Tiket Pesawat

Kompas.com - 13/11/2019, 14:35 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah, Minggu (3/11/2019). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah, Minggu (3/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi diingatkan soal kenaikan harga tiket pesawat jelang libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Budi diingatkan oleh anggoto Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Gatot Soedjito saat menggelar rapat kerja di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (13/11/2019).

“Pak menteri (Budi Karya) ini sudah mau dekat Natal dan tahun baru, perlu diantisipasi soal kenaikan harga tiket pesawat,” ujar Gatot.

Gatot menjelaskan, permasalahan tiket pesawat ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Dia berharap harga tiket pesawat saat libur Natal dan Tahun Baru 2020 bisa tetap terjangkau.

“Tolong harga tiket pesawat ini tidak dibuat melambung tinggi,” kata Gatot.

Sebelumnya, sejak akhir 2018 lalu, maskapai penerbangan Indonesia beramai-ramai menaikkan harga tiket perjalanan domestik.

Berdasarkan pemantauan Kompas.com di situs online travel agent (OTA), harga tiket pesawat Jakarta-Medan lebih mahal jika dibandingkan dengan Jakarta-Kuala Lumpur di hari yang sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harga tiket penerbangan Jakarta-Medan yang termurah dengan maskapai penerbangan Lion Air dihargai Rp 1.547.300, di saat yang sama seseorang bisa membeli tiket Jakarta-Kuala Lumpur seharga Rp 745.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.