Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Natal dan Tahun Baru, Menhub Disinggung Soal Kenaikan Harga Tiket Pesawat

Kompas.com - 13/11/2019, 14:35 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi diingatkan soal kenaikan harga tiket pesawat jelang libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Budi diingatkan oleh anggoto Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Gatot Soedjito saat menggelar rapat kerja di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (13/11/2019).

“Pak menteri (Budi Karya) ini sudah mau dekat Natal dan tahun baru, perlu diantisipasi soal kenaikan harga tiket pesawat,” ujar Gatot.

Gatot menjelaskan, permasalahan tiket pesawat ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Dia berharap harga tiket pesawat saat libur Natal dan Tahun Baru 2020 bisa tetap terjangkau.

“Tolong harga tiket pesawat ini tidak dibuat melambung tinggi,” kata Gatot.

Sebelumnya, sejak akhir 2018 lalu, maskapai penerbangan Indonesia beramai-ramai menaikkan harga tiket perjalanan domestik.

Berdasarkan pemantauan Kompas.com di situs online travel agent (OTA), harga tiket pesawat Jakarta-Medan lebih mahal jika dibandingkan dengan Jakarta-Kuala Lumpur di hari yang sama.

Harga tiket penerbangan Jakarta-Medan yang termurah dengan maskapai penerbangan Lion Air dihargai Rp 1.547.300, di saat yang sama seseorang bisa membeli tiket Jakarta-Kuala Lumpur seharga Rp 745.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com