Bengkel Animasi Hadirkan Animator Kelas Dunia di Indonesia

Kompas.com - 13/11/2019, 15:16 WIB
Sejumlah animator dari Studio Animasi Dreamtoon dalam suasana santai dengan interior ruangan yang sederhana sedang bekerja serius, Jumat (12/6/2015), di Gedung Baros Information Technology and Creative (BITC), Kota Cimahi, Jawa Barat. KOMPAS/SAMUEL OKTORASejumlah animator dari Studio Animasi Dreamtoon dalam suasana santai dengan interior ruangan yang sederhana sedang bekerja serius, Jumat (12/6/2015), di Gedung Baros Information Technology and Creative (BITC), Kota Cimahi, Jawa Barat.

KOMPAS.com – Industri animasi dan computer graphics (CG) di Indonesia tengah berkembang.

Sektor industri tersebut dapat berkembang lebih besar sebagai salah satu tulang punggung perekonomian nasional.

Saat ini, terdapat banyak studio animasi atau game lokal di Indonesia yang memiliki kapasitas tenaga kerja berkisar 100 hingga 300 orang.

Beberapa studio tersebut sukses mengerjakan proyek sendiri, sedangkan studio-studio lainnya menyokong produksi film dari dalam dan luar negeri.

Baca juga: Indonesia Berpeluang Besar Kembangkan Industri Animasi

Kondisi yang produktif itu ternyata tak sejalan dengan perkembangan jumlah tenaga kerja yang berkualitas.

Studio-studio tersebut kebanyakan masih kesulitan dalam mencari sumber daya manusia (SDM) baru yang sesuai dengan standar kualitas perusahaan mereka.

Animator Indonesia

Sejumlah animator asal Indonesia telah berhasil merambah dunia animasi Hollywood, salah satunya Mike Wiluan.

CEO Infinite Studio itu menggarap beberapa film animasi seperti Meraih Mimpi (2008) hingga film-film internasional seperti Hitman: Agent 47 (2015) dan Crazy Rich Asian.
Selain itu, Ronny Gani juga menjadi bagian dalam tim visual effects untuk film-film Marvel Studio seperti The Avengers: End Game, Avengers: Infinity War, Ready Player One, dan Aquaman.

Tokoh-tokoh animator internasional asal tanah air tersebut, akan menjadi pembicara di acara Bengkel Animasi CG festival (BEAST) 2019 yang akan berlangsung di ICE BSD City pada 16 November 2019.

Ronny Gani, animator muda Indonesia yang ikut terlibat dalam penggarapan animasi film science fiction Ant ManVIA VOA INDONESIA Ronny Gani, animator muda Indonesia yang ikut terlibat dalam penggarapan animasi film science fiction Ant Man

Melihat perkembangan industri kreatif tersebut, pemerintah berupaya untuk menciptakan program-program yang melahirkan animator kelas dunia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X