Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapat dengan DPR, Menhub Disinggung Soal Kisruh Garuda dan Sriwijaya

Kompas.com - 13/11/2019, 15:27 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Partai Gerindra Faisal Muharrami menyinggung soal kisruh antara Sriwijaya dan Garuda Indonesia Grup saat rapat kerja dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Faisal meminta Menhub turun tangan menangani perselisihan antara dua maskapai tersebut. Dengan begitu, permasalahan ini tak akan berlarut-larut.

“Kami mengingatkan masalah Garuda dan Sriwijaya jangan berlarut-larut," ujar Faisal di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Baca juga: Cerai dengan Garuda, Sriwijaya Klaim Pelayanannya Berangsur Normal

Faisal berharap permasalahan antara Garuda dan Sriwijaya tak akan mengganggu operasional kedua maskapai tersebut. Sebab, jika operasional terganggu akan merugikan masyarakat.

“Sudah mau tahun baru, kasian rakyatnya. Jadi titip Garuda dan Sriwijaya," kata Faisal.

Sebelumnya, salah satu pemegang saham Sriwijaya Air, Yusril Ihza Mahendra mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan langkah untuk mengakhiri kerja sama manajemen dengan Garuda Indonesia Grup.

Baca juga: Berbasis Digital, Kartu Pra-Kerja Jokowi Diluncurkan Awal 2020

Langkah tersebut diambil karena adanya intruksi mendadak dari GA Grup kepada semua anak perusahaannya (GMF, Gapura Angkasa dan Aerowisata) untuk memberikan pelayanan kepada Sriwijaya dengan cara pembayaran tunai dimuka sejak Kamis (7/11/2019) kemarin.

Jika tidak membayar secara tunai dimuka, diperintahkan agar tidak memberikan pelayanan service dan maintenance apapun kepada Sriwijaya.

“Sriwijaya menolak perubahan sistem pembayaran yang tidak fair ini dan menganggap GA sengaja ingin melumpuhkan Sriwijaya,” ujar Yusril dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/11/2019).

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Menhub Disinggung Soal Kenaikan Harga Tiket Pesawat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com