Mendag Imbau Peritel Nasional Terjun ke E-commerce

Kompas.com - 13/11/2019, 15:30 WIB
Ilustrasi e-commerce usabilitygeek.comIlustrasi e-commerce

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengimbau para pelaku usaha ritel mampu memanfaatkan teknologi digital yang telah menjadi tren di abad 20.

Adapun pemanfaatan teknologi digital itu bisa dilakukan dengan menggukan e-commerce agar mampu menjangkau konsumen lebih banyak bahkan hingga ke luar negeri.

“Saya mendukung peritel di Indonesia menggunakan e-commerce untuk menjangkau konsumen lebih banyak tidak hanya di dalam negeri, bahkan juga di luar negeri," kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam siaran pers, Rabu (13/11/2019).

Sebab kata Agus, sektor ritel memiliki posisi yang sangat strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Sektor ritel berkontribusi besar pada Produk Domestik Bruto (PDB) dan konsumsi domestik.

Baca juga: Tanggal 11 November Ditetapkan sebagai Hari Ritel Nasional

Tidak hanya itu, sektor ritel dinilai sangat berperan menjaga ketersediaan dan stabilitas harga barang di tingkat eceran.

" Ritel berperan menjaga stabilitas harga, khususnya kebutuhan pokok yang rentan mengalami fluktuasi harga," ucap dia.

Untuk itu, pihaknya bakal terus berupaya membuat kebijakan yang memberikan keseimbangan dalam membentuk iklim usaha yang baik, utamanya untuk sektor ritel.

Selain itu, kebijakan yang baik juga dapat menyeimbangkan antara ritel offline dan online.

"Oleh karena itu saya berharap, semoga perpaduan retail offline dan online dapat memberikan terobosan besar bagi perdagangan ritel Indonesia,” harap Agus.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X