Perusahaan China Ini Ingin Saingi Tesla, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 13/11/2019, 18:00 WIB
Tesla Model 3 Midnight Silver Metallic Tesla Model 3 Midnight Silver Metallic

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan rintisan ( startup) kendaraan listrik China, Xpeng Motors tengah mengumpulkan pendanaan sekitar 400 juta dollar AS atau setara sekira Rp 5,6 triliun dari para investor.

Upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan produksi model-model baru perusahaan sehingga mampu menjangkau sebagian besar pasar China sekaligus mampu menyaingi Tesla.

Dikutip CNBC, Rabu (13/11/2019), salah satu perusahaan ponsel besar asal China telah tertarik bergabung dengan para investor lainnya untuk menanamkan modalnya di Xpeng Motors.

Adapun perusahaan yang dimaksud adalah Xiaomi, pemilik merek dagang ponsel pintar andalan milik China di kancah global. Kendati demikian, belum bisa dipastikan berapa dana yang ditanam Xiaomi di  Xpeng Motors.

Baca juga: Kejar Profit Lebih Tinggi, Tesla Andalkan Model Y

Nantinya, Xiaomi dan Xpeng akan bekerja sama untuk mengembangkan teknologi yang dibutuhkan kendaraan listrik.

"Pengalaman dan wawasan Xiaomi dalam perilaku konsumen, pengetahuan teknologi, dan tren pasar dapat menambah nilai luar biasa terhadap apa yang ingin dicapai Xpeng Motors," kata CEO Xpeng Motors, He Xiaopeng, Rabu (13/11/2019).

Seperti diketahui, China memang tengah mengalami booming startup mobil listrik. Hal itu tentu didukung oleh pemerintah China dengan memberikan subsidi untuk perusahaan yang membuka kendaraan energi terbarukan.

Cara tersebut rupanya ampuh untuk menarik modal ke sektor kendaraan listrik energi terbarukan itu.

Kendati demikian, Xpeng Motors mulai merintis justru saat pemerintah mengurangi subsidi-subsidinya. Bahkan ke depan, pemerintah China bakal menghapus subsidi itu secara bertahap.

Baca juga: Meleset dari Target Elon Musk, Penjualan Tesla Tetap Cetak Rekor

Sementara itu, Xpeng sendiri telah meluncurkan model kendaraan listrik tipe G3 SUV dan mulai mengirimkannya kepada para pembeli.

Pada April 2020, perusahaan bakal meluncurkan sedan tipe P7 dan akan mulai pengiriman pada kuartal kedua tahun depan. Untuk itulah, Xpeng tengah mencari para investornya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X