Ingin Berjualan, Lebih Pas di Media Sosial, Market Place atau Situs Sendiri?

Kompas.com - 14/11/2019, 07:08 WIB
Ilustrasi artisteerIlustrasi

TANGERANG, KOMPAS.com - Memulai sebuah usaha kecil terkadang terkendala tempat untuk menjualnya, apakah harus menggunakan sosial media, market place, atau situs milik sendiri?

Brian Marshal, CEO dan founder SIRCLO mengatakan sebaiknya memulai dari tempat yang sudah ada pembelinya atau traffic-nya. 

"Seperti jualan offline, kan kita bisa jual titip ke toko yang sudah ada, kalau kasus ini ya sebaiknya di market place atau sekarang itu bisa di sosial media," ucap Brian saat ditemui di kantor Sirclo di BSD Green Office Park, Tangerang, Rabu (13/11/2019).

Namun berjualan menggunakan media sosial dan market place tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

"Seperti Instagram, kalo produk-produknya lebihke yang visual seperti fashion, itu memang cocoknya di Instagram, tapi kalo yang komoditas lebih cocok di market place," kata Brian.

Baca juga : Kemendag Minta Ibu-ibu Beli Produk Lokal di e-Commerce

Namun Brian menekankan lagi memulai darimana pun, pilihlah tempat yang sudah ada penggunanya terlebih dahulu. Nanti ketika sudah memiliki basis pembeli yang cukup solid, barulah pengusaha bisa mulai menjual produknya menggunakan situs milik sendiri. 

Perlu diingat juga, penjualan menggunakan sosial media berarti, Anda harus meladeni calon pembeli satu persatu melalui chat. Sistem pembayarannya pun berbeda dengan market place. 

Sementara penjualan menggunakan market place berarti, Anda harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh si pemilik market place. 

 

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X