Transaksi Pakai Aplikasi Keuangan, Apa Untung dan Ruginya?

Kompas.com - 14/11/2019, 19:47 WIB
Ilustrasi uang elektronik www.shutterstock.comIlustrasi uang elektronik

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren milenial dalam menggunakan aplikasi Financial Technology ( Fintech) saat ini semakin pesat.

Data Kementerian Koodinator Bidang Perekonomian di tahun 2018, generasi milenial yang mengadopsi teknologi finansial menunjukkan tren kenaikan.

Pada tahun 2015, milenial menyumbang penggunaan teknologi perbankan hingga 21,8 persen. Pada tahun 2016 tercatat naik 36,7 persen dan pada tahun 2018 naik menjadi 64,3 persen.

Perencana keuangan dari OneShildt Financial Planning Budi Rahardjo menyebutkan bahwa milenial sangat dekat dengan teknologi. Sehingga, milenial cukup potensial untuk memegang pasar keuangan dimasa yang akan datang.

"Ini sudah menjadi bagian hidup mereka, dimana teknologi keuangan memiliki banyak manfaat. Ke depannya ini akan menjadi tren dimana segala sesuatunya membutuhkan internet," kata Budi kepada Kompas.com, Kamis (14/11/2019).

Baca juga: Milenial Sumbang Peran Terbesar dalam Pemanfaatan Teknologi Perbankan

Nah, lalu apa saja plus minus dalam menggunakan aplikasi teknologi saat ini? Simak penjelasan berikut.

Dari segi positif yang ditawarkan teknologi keuangan, seorang user atau pengguna akan diberikan kemudahan serba praktis dalam menjalankan transaksi perbankan.

"Karena semua serba digital, dimana dalam melakukan semuanya bisa dalam genggaman tangan. Bayar listrik, transfer dan lain sebagainya dan milenial adalah generasi yang suka kepraktisan," ungkap Budi.

Sedangkan, sisi negatif menggunakan aplikasi keuangan, imbuh Budi, akan berpotensi meningkatkan pola hidup konsumtif. Ditambah lagi dengan godaan promo belanja yang menggiurkan.

"Biasanya transaksi aplikasi fintech banyak memberikan promo. Yang mana promo memicu seseorang membeli sesuatu yang tidak diperlukan," tambah Budi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X