Modalku Telah Salurkan Pembiayaan Rp 10 Triliun di Asia Tenggara

Kompas.com - 15/11/2019, 06:40 WIB
Co-Founder dan CEO Modalku Reynold Wijaya dan COO Modalku Iwan Setiawan. Kompas.com/Mutia FauziaCo-Founder dan CEO Modalku Reynold Wijaya dan COO Modalku Iwan Setiawan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Fintech peer to peer lending, Modalku telah menyalurkan pinjaman modal usaha sebesar Rp 10 triliun bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM) di Indonesia, Malaysia, dan Singapura sejak didirikan.

Angka penyaluran tersebut meningkat lebih dari 3 kali lipat dari pencapaian di bulan November 2018. Selain jumlah penyaluran, Modalku juga mengutamakan perluasan jangkauan UMKM yang bisa mendapatkan pinjaman.

Modalku telah menyalurkan dana ke lebih dari 1,1 juta jumlah transaksi pinjaman UMKM, meningkat 40 kali lipat. Pada tahun sebelumnya penyaluran dana diberikan ke 25.000 pinjaman UMKM.

"Modalku akan terus melakukan inovasi untuk menjangkau lebih banyak UMKM yang belum tersentuh dan layak mendapatkan kesempatan untuk berkembang," kata CEO dan Co-founder Modalku Reynold Wijaya dalam keterangan pers, Kamis (15/11/2019).

Baca juga: Modalku dan Golden Gate Ventures beri pendanaan Seri A ke Paper.id

Dalam meningkatkan inklusi keuangan, imbuh Reynold, Modalku bekerja sama dengan beberapa platform digital, seperti e-commerce untuk menjangkau lebih banyak UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pencapaian ini juga didukung oleh para pemberi pinjaman Modalku yang sudah aktif menyalurkan dananya ke UMKM yang terdaftar di Modalku. 

Sampai saat ini jumlah pemberi pinjaman yang terdaftar di Modalku sekitar 150.000 akun yang terdiri dari individu dan institusi. Pemberi pinjaman individu dari kalangan milenial masih mendominasi profil pemberi pinjaman di Modalku.

Sebelumnya, Modalku telah mendapatkan izin usaha dari OJK sebagai bentuk kepercayaan pemerintah dan publik terhadap kredibilitas bisnis Modalku. Dengan demikian, pengakuan ini melengkapi izin usaha dari regulator keuangan yang dikantongi perusahaan di masing-masing negara operasionalnya. 

Baca juga: Modalku Luncurkan Pembiayaan untuk Pedagang Pasar hingga Rp 25 Juta

Modalku menyediakan layanan peer to peer lending, di mana peminjam (UMKM yang layak kredit) bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa agunan hingga Rp 2 miliar yang didanai oleh pemberi pinjaman platform (individu atau institusi yang mencari alternatif investasi) melalui pasar digital.

Selain di Indonesia, Modalku juga beroperasi di Singapura dan Malaysia di bawah nama Funding Societies.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X