Luhut soal Pembangunan Ibu Kota Baru: Akhir Tahun Depan atau Awal 2021

Kompas.com - 15/11/2019, 14:20 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Senin (5/8/2019). KOMPAS.com/MUTIA FAUZIAMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Senin (5/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemindahan ibu kota negara mulai dikebut.  Instansi- instansi pemerintahan yang terkait terus berkoordinasi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B Pandjaitan memastikan, pembangunan konstruksi di ibu kota yang baru tepatnya di Kalimantan Timur akan segera dilakukan paling lambat awal tahun 2021.


"Ya kita berharap akhir tahun depan atau awal tahun 2021," kata Luhut usai Rapat Pembahasan Panitia Antar Kementerian (PAK) dan Harmonisasi Draft Perpres tentang Badan Otorita Pesiapan, Pemindahan, dan pembangunan Ibu Kota Negara di Kantor Bappenas, Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Baca juga: Ketika Jokowi Bayangkan Kondisi Ibu Kota Baru...

Apabila persiapan pemindahan ibu kota baru sudah mulai matang, dari master plan hingga payung hukumnya maka finalisasi pembangunan diperkirakan akan selesai 2025.

"Tadi mempersiapkan semua perencanaan pemindahannya. Kita sepakat, semua harus selesai dalam setahun (master plan, aturannya) sehingga pembangunan itu kan tiga tahun cukup," ucapnya.

Soal badan otoritas yang menangani proses pemindahan ibu kota baru sedang tahap pembentukan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X