Ini Langkah Menjadi Perempuan Cerdas secara Finansial

Kompas.com - 18/11/2019, 08:39 WIB
Ilustrasi perempuan berjalan yuriyzhuravovIlustrasi perempuan berjalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Perempuan kerap dianggap lebih boros dibanding kaum pria. Sifat boros memang kerap membuntuti kaum wanita meski wanita tersebut lebih berpendidikan dan mengerti pentingnya mengatur keuangan.

Untuk memahami pengendalian uang, Perempuan harus mengerti dan memahami dasar-dasar penganggaran dan manajemen arus kas. Pun menabung untuk masa pensiunnya.

Nah, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjadi perempuan cerdas secara finansial:

Baca juga: Siasati Latte Factor, Kebiasaan Belanja Receh yang Bikin Boros

1. Kontrol perasaan

Anda disarankan untuk menghilangkan emosi ketika mengatur keuangan. Perasaan-perasaan itu mungkin akan memicu Anda menjadi boros.

Namun di lain sisi, pekanya perasaan Anda bisa memaknai setiap kehadiran uang dan darimana asalnya. Dari sini juga keputusan tentang membelanjakan uang mungkin lebih berharga.

"Untuk itu rangkullah mereka (perasaan). Kenali mereka dan pahami dari mana asalnya. Lihat darimana perasaan itu, dari kita atau hal lainnya," kata Psikologis dan penulis buku keuangan, Kate Levinson dikutip CNBC, Senin (18/11/2019).

Baca juga: Ini 3 Kebiasaan Bodoh Milenial yang Bikin Boros Uang

2. Bicarakan

Belajar merencanakan keuangan bisa dimulai dengan membicarakannya. Sebab terkadang, seseorang tabu untuk membicarakannya.

Padahal berbicara tentang masalah keuangan Anda justru bagus untuk mengulas apa yang seharusnya Anda lakukan.

"Jadi, carilah orang-orang yang Anda percayai dan bicarakan. Sadarilah tidak akan ada yang menghakimi Anda melakukan sesuatu atau berbelanja ketika Anda tahu caranya merencanakan keuangan," kata Levinson.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X