Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dongkrak Penjualan, Isuzu Andalkan Traga

Kompas.com - 18/11/2019, 14:29 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengandalkan produk Isuzu Traga untuk menggenjot penjualannya. Dari Januari-September 2019, Isuzu mencatat penjualan traga sebanyak 4.288 unit mobil, naik 180,6 persen dibandingkan tahun 2018 yang hanya 1.528 unit.

Dalam acara Workshop Wartawan dan Industri Otomotif di Menara Astra Jakarta Pusat, Senin (18/11/2019), Direktur Marketing IAMI Rahmat Samulo menyebutkan bahwa penjualan Isuzu Traga merupakan yang tertinggi di segmen retail sales.

“Traga ini baru di launching tahun lalu, jadi ini memang produk baru dan masuk pada segmen pick-up medium. Jadi kalau berbicara soal Traga ini bisa dikatakan produk baru yang sangat diterima oleh pengusaha, sehingga penjualannya meningkat drastis,” kata Rahmat.

Baca juga: Penerimaan Negara Loyo, Defisit APBN Oktober 2019 Rp 289,1 Triliun

Rahmat menyebut bahwa saat ini masyarakat dan pengusaha sangat tertarik menggunakan pick up medium yang per bulannya rata-rata penjualan Isuzu Traga mencapai 500 sampai 600 unit.

Rahmat menjelaskan bahwa tahun ini penjualan Traga memang disesuaikan dengan demand pasar yang tinggi, sehingga wajar saja dengan ketersedian yang cukup maka pembeli akan dengan mudah mendapatkan produk ini, sehingga berbanding lurus dengan nilai penjualannya.

“Kalau tahun lalu kita berharap penjualannya smooth, tapi kalau tahun ini kita dorong terus sesuai dengan demand yang ada,” jelasnya.

Baca juga: Chandra Hamzah Enggan Berandai-andai soal Jabatan di BUMN

Lebih lanjut ini merupakan peluang baik bagi IAMI yang seluruh produknya mengalami penurunan dalam penjualannya. Meski demikian kenaikan penjualan Traga tidak menopang kenaikan penjualan produk Isuzu tahun ini.

“Jadi kalau dikaitkan kenapa angkanya tinggi sekali, itu karena Isuzu Traga memang produk baru. Apalagi produk lainnya marketnya minus, kalau Traga naik berarti Traga bisa diterima masyarakat dan pengusaha,” jelas Rahmat.

IAMA mencatat bahwa total penjualan tahun 2019 seluruh retail sales adalah 17.697 unit atau turun 0,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 17.798 unit. Penjualan kedua tertinggi adalah Isuzu Elf dengan total penjualan tahun ini 9.544 unit atau turun 9,6 persen dibanding periode sama tahun lalu 10.559 unit.

Disusul Isuzu Giga di posisi ketiga dengan total penjualan 2.333 atau turun 23 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar 3.043 unit.

Baca juga: E-commerce Mampu Genjot Penetrasi Reksa Dana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com