Jadwal Perjalanan KA Berubah Per 1 Desember 2019, Ini Rinciannya

Kompas.com - 18/11/2019, 19:27 WIB
Rangkaian kereta api Indonesia. PT KAI meluncurkan 4 kereta baru yaitu KA Anjasmoro Ekspress, Dharmawangsa Ekspress, Argo Cirebon, dan Sancaka Utara. SHUTTERSTOCKRangkaian kereta api Indonesia. PT KAI meluncurkan 4 kereta baru yaitu KA Anjasmoro Ekspress, Dharmawangsa Ekspress, Argo Cirebon, dan Sancaka Utara.
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah rute dan mengubah beberapa jadwal keberangkatan kereta per 1 Desember 2019.

Pemberlakuan jadwal baru perjalanan KA ini sesuai Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) tahun 2019 yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dalam Keputusan Menteri Perhubungan No: KP.1781 Tahun 2019 Tentang Penetapan Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2019.

Gapeka tersebut sebelumnya telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam Keputusan Menteri Perhubungan No: KP.1781 Tahun 2019 Tentang Penetapan Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2019.

Baca juga: Menteri KKP: Saya Merasa 5 Tahun Ini Ada Sesuatu yang Janggal...

“Penetapan Gapeka 2019 ini untuk menggantikan Gapeka 2017 yang sebelumnya digunakan oleh KAI," ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Jakarta, Senin (18/11/2019).

Edi pun memperingatan kepada para penumpang untuk lebih memerhatikan tiket beserta jadwal perjalanan KA yang akan dipesan.

Dengan Gapeka 2019 ini, KAI mengoperasikan 382 KA atau naik 15 persen. Adapun beberapa kereta api baru tersebut adalah:

1. KA Anjasmoro, relasi Jombang - Pasar Senen pp

2. KA Dharmawangsa, relasi Surabaya Pasar Turi - Pasar Senen pp

3. KA Sancaka Utara, relasi Surabaya Pasar Turi - Kutoarjo pp

Baca juga: Stafsus Kementerian BUMN: Lihat Dulu Kerja Ahok, Jangan Bawa-bawa Politiklah...

Penggunaan Gapeka 2019 ini juga akan berdampak pada perubahan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api, perubahan waktu tempuh, perubahan relasi KA, dan perubahan nama beberapa stasiun dengan rincian sebagai berikut:

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X