Airbnb Resmi Menjadi Partner Olimpiade hingga 2028

Kompas.com - 19/11/2019, 09:14 WIB
Logo Olimpiade Tokyo 2020 beserta Olimpiade Paralimpik Tokyo 2020 twitterLogo Olimpiade Tokyo 2020 beserta Olimpiade Paralimpik Tokyo 2020

NEW YOR, KOMPAS.com - Airbnb akan menjadi mitra dari Olimpiade hingga tahun 2028 mendatang.

Dikutip dari Business Insider Selasa (19/11/2019), Airbnb menjadi mitra Olimpiade untuk Olimpiade 2020 di Tokyo dikarenakan penyelenggara pertandingan berupaya memotong biaya untuk menyelenggarakan ajang tersebut.

Airbnb menyatakan, kemitraan dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) akan mencakup lima Olimpiade dan Paralimpiade selama sembilan tahun ke depan.

Baca juga: Tahun Depan, Airbnb Bakal Catat Sahamnya di Wall Street

Sebanyak lima Olimpiade itu termasuk pertandingan Olimpiade Tokyo 2020, pertandingan musim dingin dan musim panas Beijing 2022, Paris 2024, Milan 2026 dan LA 2028. Semua lokasi tersebut adalah pusat keramaian yang menawarkan banyak kamar di layanan Airbnb.

Rincian kemitraan tidak disebutkan, namun diketahui kesepakatan itu mencapai 500 juta dollar AS.

Presiden IOC Thomas Bach mengatakan, adanya kemitraan itu tidak akan menggantikan Desa Olimpiade tetapi akan diperuntukan untuk akomodasi bagi para penonton, keluarga atlet, dan pejabat.

Menurut dia, hal itu akan membantu kota penyelenggara untuk mengurangi pengeluaran dalam berinvestasi sarana hotel.

"Salah satu tujuan dari agenda (kami) adalah untuk membuat Olimpiade lebih layak dan lebih berkelanjutan," kata Bach di sebuah acara di London untuk mengumumkan kemitraan.

"Kemitraan ini akan sangat membantu, karena akan menyediakan akomodasi yang akan mengurangi biaya untuk penyelenggara Olimpiade dan semua pemangku kepentingan," sebutnya.

Besarnya biaya penyeleggaran event olahraga terbesar di dunia itu kerap menjadi perhatian berbagai pihak.

Misalnya saat olimpiade 2016 di Rio de Janeiro Brasil, yang menelan anggaran 11,5 miliar dollar AS.  Warga Brazil pun memprotes besarnya biaya ajang empat tahunan itu karena saat itu ekonomi mereka tengah resesi.

Baca juga: Airbnb Suntik Modal ke Jaringan Hotel India OYO



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X