Kompas.com - 19/11/2019, 10:40 WIB
Ilustrasi pabrik mobil www.caradvice.com.auIlustrasi pabrik mobil

JAKARTA,KOMPAS.com – Kondisi ekonomi global yang masih belum stabil di akhir tahun 2019 ini tampaknya akan berpengaruh pada sektor penjualan industri otomotif tahun 2020.

Hal ini disampaikan oleh Rahmat Samulo, Direktur Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) saat ditemui di Menara Astra, Senin (18/11/2019).

“Saya rasa dari indikator ekonomi masih menunjukkan angka yang sama tahun ini. Tentunya harapan kita sebagai pengusaha, seluruh proses productivity bisa meningkat dengan proses yang lebih baik pada ujungnya,” ungkap Rahmat.

Baca juga: Ini Upaya Astra Genjot Penjualan di Tengah Lesunya Industri Otomotif

Hal senada juga disampaikan oleh Elvina Afny selaku Head Marketing Product Planning Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Menurut dia, pasar komoditas saat ini memang sedang mengalami penurunan, sehingga wajar saja jika pasar industri otomotif juga terseret turun.

“Kalau yang komersial ini kita melihatnya lebih ke arah yang berkaitan dengan komoditas. Kalau pasar komoditasnya turun, enggak lama kemudian transportnya juga turun, seperti mobil pick up low yang juga mengalami penurunan. Analisa kita memang ada penurunan pada sektor komoditas,” jelas Elvina.

Elvina menyebutkan, produksi tahun 2020 akan tidak jauh berbeda dengan data proyeksi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Gaikindo memproyeksikan tahun depan produksi otomotif Indonesia mencapai 1,05 juta unit atau naik 5 persen dibanding sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Produksi 2020 kami ikutin aja Gaikindo. Jika proyeksinya 1 juta unit tahun depan dengan GDP growth 4,9 persen sampai 5,2 persen pasar akan tumbuh, tapi tumbuhnya tipis,” kata Elvina.

Baca juga: Imbas Tahun Politik, Bisnis Industri Otomotif Lesu



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X