Sentimen Perang Dagang Pengaruhi IHSG Hari Ini

Kompas.com - 19/11/2019, 10:44 WIB
Ilustrasi perang dagang Thinkstock.com/andriano_czIlustrasi perang dagang

JAKARTA, KOMPAS - Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Selasa (19/11/2019) dibuka melemah pada level 6.136,93.

Data RTI menunjukkan pada pukul 9:00 WIB, IHSG naik 0,23 persen atau 14,3 poin.

Ekonom dari Bank Permata Josua Pardede menyebutkan bahwa pergerakan IHSG sepanjang hari ini akan terpengaruh oleh sentimen perang dagang, dimana China pesimis dengan rencana kesepakatan dagang dengan AS.

"Pejabat Tiongkok pesimis bahwa kesepakatan perdagangan akan ditandatangani. Laporan itu, mengutip sumber-sumber pemerintah China yang mengatakan, keengganan Presiden AS Donald Trump untuk menurunkan tarif," kata Josua kepada Kompas.com.

Baca juga: Perang Dagang, Faktor Trump Bikin China Pesimistis

Josua mengatakan bahwa Trump belum setuju untuk menyepakati penurunan tarif komoditi China. Ini sekaligus menyebabkan ketidakpastian apakah akan ada kesepakatan atau tidak.

"Sejak itu, kedua belah pihak mengatakan mereka membuat kemajuan tetapi belum memberikan rincian tentang hasil pembicaraan," jelas Josua.

Ketidakpastian penandatanganan negosiasi dagang kembali mendorong penguatan safe haven asset seperti Yen Jepang, Swiss Franc dan US Treasury.

Bursa saham AS juga ditutup menguat tipis dimana Dow Jones naik tipis 0,11 persen ke level 28.036 per saham, S&P menguat tipis 0,05 persen ke level 3.122 per sahan dan Nasdaq ditutup terapresiasi 0,11% ke level 8.550 per saham.

Josua memproyeksikan IHSG akan bergerak pada level 6.075 sampai penutupan perdagangan di bursa saham hari ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X