Rupiah Ditutup Melemah, Kompak dengan Mata Uang Asia Lainnya

Kompas.com - 19/11/2019, 17:16 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.com/ThamKCIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan pasar spot Selasa (19/11/2019) melanjutkan pelemahannya.

Dari data Bloomberg, rupiah melemah 12 poin atau 0,09 persen pada levelRp 14.090 per dollar AS dibandingkan penutupan Senin kemarin pada level Rp 10.078 per dollar AS.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan, sepanjang hari ini pergerakan rupiah didorong oleh sentimen regional. Hari ini, seluruh mata uang Asia mengalami pelemahan.

Mata uang Asia sebagaian besar melemah, jadi rupiah terbawa sentimen regional. Kalau sentiment dalam negeri sih enggak ada, karena enggak ada data yang keluar jadi lebih pada sentimen regional,” kata Lana kepada Kompas.com.

Baca juga: Rupiah Hari Ini Diprediksi Melemah, Kenapa?

Lebih lanjut Lana menjelaskan bahwa dalam sepekan rupiah hanya akan bergerak pada rentang Rp 14.000 per dollar AS sampai Rp 14.100 per dollar AS.

Namun, ini bisa saja berubah bergantung dari Rapat Dewan Gubernur BI mengenai suku bunga yang akan dilangsungkan pada 20 sampai 21 November 2019.

“Ini sampai kita menunggu hasil RDG minggu ini, kalau suku bunga turun bisa jadi rupiahnya melemah lebih dari Rp 14.100 per dollar AS. Tapi kalau BI tidak menurunkan suku bunganya kemungkinan rupiah akan bertahan,” ujarnya.

Sementara itu, yen Jepang melemah 0,08 persen pada level 108 per dollar AS. Dollar Singapura juga melemah 0,06 persen pada level 1.360 per dollar AS.

Namun, yuan China berhsil menguat 0,08 persen pada level 7.022 per dollar AS.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X