Investor Asing Borong Saham, IHSG Ditutup Menguat

Kompas.com - 19/11/2019, 18:00 WIB
Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018). IHSG dibuka pada 6.381,18 naik 22,56 poin dibandingkan penutupan perdagangan Jumat lalu. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018). IHSG dibuka pada 6.381,18 naik 22,56 poin dibandingkan penutupan perdagangan Jumat lalu.
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) menguat pada penutupan perdagangan Selasa (19/11/2019). Mengutip data RTI, IHSG ditutup naik 29 poin atau 0,48 persen ke level 6.152,09.

Pagi tadi IHSG dibuka pada level 6.136,93 dan sepanjang hari ini bergerak pada level tertinggi 6.152,09 dan level terendah 6.113,33.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan, aksi borong saham oleh asing menjadi penyebab IHSG mengaut pada penutupan hari ini.

Baca juga: Rupiah Ditutup Melemah, Kompak dengan Mata Uang Asia Lainnya

“Kalau IHSG membaik ya, ini karena asing mulai masuk sehingga bank harganya naik. Asing sudah mulai masuk karena harganya murah, bahkan telalu murah,” kata Lana kepada Kompas.com

Disamping itu, Ekonom Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan bahwa penguatan IHSG sepanjang hari ini hanyalah terkait dengan faktor tekhnikal saja. Dimana IHSG hanya menguat tebatas karena sedang menguji level.

Stochastic masih berbicara, IHSG secara teknikal menguat kembali namun sedikit terbatas karena sedang menguji level 6.150 yang baru saja dihampiri. Saham-saham perbankan cukup menarik untuk ditransaksikan hari ini,” kata William.

Baca juga: Luhut: Saya Enggak Mau Lihat Investasi dengan Teknologi Kelas 2...

Total transaksi penjualan saham oleh asing pada seluruh pasar mencapai Rp 204,8 miliar saham sedangkan penjualan saham di pasar regional 191,1 miliar. Terdapat 164 saham yang naik, 249 yang turun dan 140 yang stagnan.

Seluruh saham perbankan seperti BMRI, BBNI, BBRI Dan BBCA menghijau. Saham konstruksi ADHI dan WIKA juga terlihat menghijau. Dari sektor resources saham AALI dan PGAS juga masih menguat dan dari consumer goods seperti UNVR, GGRM dan KLBF juga tampak menguat.

Baca juga: Kalah di Pengadilan, Pemerintah Harus Kembalikan Pajak Rp 22 Triliun

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X