Kompas.com - 19/11/2019, 18:12 WIB
Keuangan merupakan salah satu masalah yang kerap terjadi saat fase quarter life crisis. ShutterstockKeuangan merupakan salah satu masalah yang kerap terjadi saat fase quarter life crisis.

NEW YORK, KOMPAS.com - Menabung dengan jumlah yang cukup besar menjadi tujuan keuangan banyak orang.

Akan tetapi, memulai menabung tak selamanya mudah. Bahkan, bagaimana cara memulainya pun seringkali membingungkan, apalagi di tengah godaan membeli barang-barang yang kita inginkan.

Namun, Anda tak perlu risau. Sebab, ternyata menabung setiap hari bisa terwujud dengan langkah-langkah mudah berikut ini, seperti dikutip dari Popsugar, Selasa (19/11/2019).

1. Kurangi beli kopi

.SHUTTERSTOCK .

Ada anggapan hari belum dimulai bila belum menyesap kopi. Apalagi, saat ini bertebaran kopi susu kekinian yang harganya terjangkau, namun rasanya boleh diadu dengan gerai kopi global kenamaan.

Namun, pernahkah Anda menyadari berapa banyak uang yang Anda belanjakan untuk membeli kopi dalam sebulan? Daripada membeli kopi, uang tersebut bisa Anda tabung.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memang sulit meninggalkan kebiasaan yang sudah melekat. Akan tetapi, dengan tekad kuat, Anda pasti bisa melakukannya.

Baca juga: Hemat itu Bukan Pelit, Begini Cara Menyiasatinya

2. Membawa bekal ke kantor

Selain membeli kopi, tentu Anda harus mengeluarkan uang untuk makan siang di kantor. Nah, pernahkah Anda menghitung biaya makan siang Anda dalam sebulan?

Pastilah jumlahnya cukup besar. Ketimbang membeli makanan, mengapa tidak membawa bekal saja dari rumah?

Selain hemat, membawa bekal sendiri dari rumah juga lebih higienis karena Anda tahu bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Popsugar
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X