Boeing Dapat Pesanan 50 Pesawat 737 Max

Kompas.com - 19/11/2019, 19:13 WIB
Pesawat generasi terbaru Boeing 737 MAX 8 saat terbang untuk pertama kalinya di Renton, Washington, Amerika Serikat, 29 Januari 2016. Pesawat ini merupakan seri terbaru serta populer dengan fitur mesin hemat bahan bakar dan desain sayap yang diperbaharui. AFP PHOTO/GETTY IMAGES/STEPHEN BRASHEARPesawat generasi terbaru Boeing 737 MAX 8 saat terbang untuk pertama kalinya di Renton, Washington, Amerika Serikat, 29 Januari 2016. Pesawat ini merupakan seri terbaru serta populer dengan fitur mesin hemat bahan bakar dan desain sayap yang diperbaharui.

DUBAI, KOMPAS.com - Pabrikan pesawat Boeing memperoleh pesanan 50 unit pesawat seri 737 Max pada pameran kedirgantaraan Dubai Air Show hari ketiga. Padahal, pesawat itu masih dilarang terbang karena dua kecelakaan.

Sehari sebelumnya, Boeing juga memperoleh pesanan 10 pesawat 737 Max dari maskapai SunExpress.

Dilansir dari CNBC, Selasa (19/11/2019), maskapai asal Kazakhstan, Air Astana, mengumumkan minat untuk memesan 30 unit pesawat Boeing 737 Max. Pesawat tersebut dilarang terbang secara global sejak Maret 2019 lalu.

Adapun maskapai lain yang tidak disebutkan identitasnya dilaporkan memesan 20 unit pesawat Boeing 737 Max. Total nilai pesanan Air Astana mencapai 3,6 miliar dollar AS.

Baca juga: Maskapai Turki Tambah Pesanan Pesawat 737 MAX, Boeing Lega

Pesawat Boeing 737 Max yang telah dipesan masih harus menerima persetujuan dari regulator untuk dapat dioperasikan. Adapun Air Astana juga merupakan pembeli pesawat produksi Airbus, pesaing terberat Boeing.

The Wall Street Journal mewartakan Boeing menerima pesanan berupa 10 unit pesawat 737 Max 7 dan 10 unit pesawat Boeing 737 Max 10. Namun, identitas maskapai pembelinya tidak diumumkan kepada publik.

Sementara itu, maskapai asal Turki SunExpress memesan 10 unit pesawat Boeing 737 Max 8. Harga per unit pesawat tersebut mencapai 1,2 miliar dollar AS, namun maskapai masih bisa menegosiasi harganya.

Pameran Dubai Air Show dikenal karena kerap membukukan kesepakatan bisnis bernilai fantastis. Pameran ini pun menjadi ajang persaingan antara Boeing dan Airbus untuk menjaring pembeli.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X