Di Tengah Pidato, Kondisi Badan Menteri Suharso Drop

Kompas.com - 19/11/2019, 20:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suasana salah satu ruangan di Hotel Pullman, Jakarta tiba-tiba hening saat Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menghentikan bicaranya. 

Selasa (19/11/2019) pagi, Suharso memberikan sambutan di acara Global Sustainable Development Report 2019. Namun tiba-tiba kondisi badannya nge-drop atau melemah.

Dengan suara lemah, ia mengungkapkan bahwa kondisi badannya memang sedang tidak fit.

"Saya lelah karena saya baru meninggalkan rumah sakit pukul 03.00 WIB dini hari dan mencoba tidur. Lalu Saya harus segera mulai aktivitas pukul 07.30 WIB," ungkap Suharso di Hotel Pullman, Selasa (19/11/2019).

Baca juga: Ingin Menabung Setiap Hari? Simak 8 Cara Mudahnya

Suharso meminta maaf karena keadaannya yang kurang sehat saat menghadiri acara tersebut. Namun ia tetap melanjutkan sambutannya.

Di tengah-tengah sambutannya, Suharso kembali berhenti berbicara. Kondisi badannya kembali melemah sehingga harus berpegangan pada podium. Ia lantas meminta waktu untuk istirahat sejenak.

Panitia acara mencoba membantu Suharso turun dari panggung, bahkan sempat menyiapkan bangku untuk Suharso. Namun Suharso mengatakan bahwa ia masih mampu melanjutkan pidatonya.

Baca juga: Kemendagri: Tidak Ada Desa Fiktif, Hanya...

"Saya minta maaf sedang tidak dalam kondisi terbaik. Saya juga maaf tidak bisa hadir di seluruh workshop kali ini. Terimakasih," ucapnya. 

Setelah itu Suharso meninggalkan ruangan dan bergegas masuk ke dalam mobilnya. 

Sementara itu Endah Murniningtyas yang merupakan mantan Deputi di Bappenas dan kini menjabat sebagai Co Chair Independent Group Of Scientist United Nations mengatakan kalau Suharso mengunjungi sanak keluarganya yang berada di rumah sakit hingga larut malam. 

"Bapak itu semangat bekerjanya sangat tinggi, walaupun keadaannya sedang tidak fit," ucapnya.  

Baca juga: Bea Cukai Kembali Lelang Online 10 Mobil Subaru, Ini Detailnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.