Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Resep Suksesnya Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Kompas.com - 20/11/2019, 06:00 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa yang tak tahu Pisang Goreng Madu Bu Nanik? pisang goreng yang satu ini sangat terkenal di Jakarta lantaran kelezatan rasanya. Bahkan setiap hari, outlet-nya selalu dibanjiri oleh para pembeli.

Kesuksesan Pisang Goreng Madu Bu Nanik tentu tak lepas dari sosok pemiliknya yakni Ibu Nanik. Namun banyak kisah yang dilewati wanita yang memiliki nama lengkap Nanik Soelistiowati itu dalam menjalanan bisnisnya.

Ditemui Kompas.com, Selasa (19/11/2019), Bu Nanik memberikan resep agar para pengusaha dan UMKM di Indonesia bisa naik kelas. Berikut 4 resep sukses dari Bu Nanik:

Baca juga: Kisah Jangkar Bawono, Sukses Maksimalkan Bisnis Sepatu Kulit Lewat Promosi Digital

1. Mau Belajar

Dalam melakukan segala sesuatu harus didasarkan keinginan yang keras dan mau belajar. Bu Nanik menceritakan awal ia mulai memasarkan pisang gorengnya hanya iseng. Sebab dulu ia hanya memiliki usaha katering yang selalu ada tambahan cemilan buah pisang di dalamnya.

Namun ia melihat para konsumennya hanya memakan pisang yang bagus saja. Sementara pisang yang kelihatan sudah lembek dibuang. Dari situlah idenya keluar untuk mengolah makanan dari pisang.

"Awalnya untuk cemilan saja terus dimakan sama orang tua ku yang ada penyakitnya gulanya, kepikiran lah mengganti gula untuk adonannya menjadi madu," ujarnya.

"Pada awalnya takaran tepung dan madu aku coba-coba mulai dari tidak ada rasa hingga kemanisan juga pernah, hingga mendapatkan takaran yang sesuai seperti sekarang," sambung dia.

Baca juga: Anak Muda Ingin Memulai Bisnis, Lakukan 7 Hal Ini

2. Tidak Gengsi

Perjalanan pisang goreng hingga dapat diterima oleh masyarakat cukup lama dirasakan oleh Bu Nanik. Apalagi ada yang menilai tampilannya tidak menarik.

"Dari tampilan saja tidak menarik, gosong. Siapa yang mau makan makanan gosong, tapi aku terus jajakan makanan ku, mulai dari keluarga sampai teman aku suruh coba dan akhirnya mereka suka," kata Bu Nani.

Jika dilihat tampilan pisang gorengnya kelihatan gosong namun siapa sangka rasa di balik pisang goreng Bu Nanik sangat menggiurkan dan membuat para penikmatnya ketagihan. Bu Nanik tidak malu, ia percaya diri dengan pisang gorengnya sampai-sampai ia memiliki tagline khusus yaitu Si Hitam Manis.

Baca juga: Mengintip Peluang Bisnis di Balik Hobi Shopping

3. Kerja Keras dan Komitmen

Terdengar klasik memang, tapi kerja keras dan komitmen harus sejalan. Banyak orang yang hanya semangat menjalankan bisnis di awal saja. Bu Nanik menceritakan awalnya ia memasarkan produknya hanya melalui brosur-brosur yang ia bagikan ke tempat-tempat umum.

"Pakai jasa pengiklan saat itu mahal dan saya bukan dari kalangan atas. Saya kerja sendiri tiap pulang gereja brosur pisang saya bawa dan saya bagikan," jelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com