4 Resep Suksesnya Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Kompas.com - 20/11/2019, 06:00 WIB
Nanik Soelistiawati, pemilik usaha Pisang Goreng Madu Bu Nanik, saat diabadikan Kompas.com di tokonya di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat. Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Nanik Soelistiawati, pemilik usaha Pisang Goreng Madu Bu Nanik, saat diabadikan Kompas.com di tokonya di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa yang tak tahu Pisang Goreng Madu Bu Nanik? pisang goreng yang satu ini sangat terkenal di Jakarta lantaran kelezatan rasanya. Bahkan setiap hari, outlet-nya selalu dibanjiri oleh para pembeli.

Kesuksesan Pisang Goreng Madu Bu Nanik tentu tak lepas dari sosok pemiliknya yakni Ibu Nanik. Namun banyak kisah yang dilewati wanita yang memiliki nama lengkap Nanik Soelistiowati itu dalam menjalanan bisnisnya.

Ditemui Kompas.com, Selasa (19/11/2019), Bu Nanik memberikan resep agar para pengusaha dan UMKM di Indonesia bisa naik kelas. Berikut 4 resep sukses dari Bu Nanik:

Baca juga: Kisah Jangkar Bawono, Sukses Maksimalkan Bisnis Sepatu Kulit Lewat Promosi Digital

1. Mau Belajar

Dalam melakukan segala sesuatu harus didasarkan keinginan yang keras dan mau belajar. Bu Nanik menceritakan awal ia mulai memasarkan pisang gorengnya hanya iseng. Sebab dulu ia hanya memiliki usaha katering yang selalu ada tambahan cemilan buah pisang di dalamnya.

Namun ia melihat para konsumennya hanya memakan pisang yang bagus saja. Sementara pisang yang kelihatan sudah lembek dibuang. Dari situlah idenya keluar untuk mengolah makanan dari pisang.

"Awalnya untuk cemilan saja terus dimakan sama orang tua ku yang ada penyakitnya gulanya, kepikiran lah mengganti gula untuk adonannya menjadi madu," ujarnya.

"Pada awalnya takaran tepung dan madu aku coba-coba mulai dari tidak ada rasa hingga kemanisan juga pernah, hingga mendapatkan takaran yang sesuai seperti sekarang," sambung dia.

Baca juga: Anak Muda Ingin Memulai Bisnis, Lakukan 7 Hal Ini

2. Tidak Gengsi

Perjalanan pisang goreng hingga dapat diterima oleh masyarakat cukup lama dirasakan oleh Bu Nanik. Apalagi ada yang menilai tampilannya tidak menarik.

"Dari tampilan saja tidak menarik, gosong. Siapa yang mau makan makanan gosong, tapi aku terus jajakan makanan ku, mulai dari keluarga sampai teman aku suruh coba dan akhirnya mereka suka," kata Bu Nani.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X