IHSG Dibuka Melemah, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 20/11/2019, 09:52 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi IHSG
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (20/11/2019) dibuka melemah pada level 6.136,25. Data RTI menunjukkan pada pukul 9:07 WIB, IHSG turun 0,34 persen atau 21,3 poin ke level 6.131,02.

Ekonom dari Bank Permata Josua Pardede menyebutkan bahwa pergerakan IHSG sepanjang hari ini akan terpengaruh oleh ketidakpastian kesepakatan dagang antara China dan AS. Hal ini menyusul negosiasi dagang AS dan China yang mengevaluasi berapa tarif yang akan mereka sepakati pada fase satu.

“Laporan ini menunjukkan sedikit kemajuan dalam kesepakatan perdagangan, namun investor tetap menunggu kemajuan yang lebih signifikan dan finalisasi kesepakatan perdagangan fase satu,” ungkap Josua kepada Kompas.com.

Baca juga: Investor Asing Borong Saham, IHSG Ditutup Menguat

Nasdaq terlihat menguat 0,24 persen pada level 8.570,66 per saham, sedangkan Dollar Index menguat tipis 0,04 persen pada level 97,9 per dollar AS.

Sementara posisi saham Asia Nikkei, Hang Seng, Shanghai Composite, Indeks saham unggulan LQ 45 pagi ini terlihat memerah. Ini sekaligus mempengaruhi saham domestik pada sektor perbankan, konstruksi dan juga sektor resources.

Josua menyebutkan bahwa IHSG berpotensi menguat sepanjang hari ini di tengah bursa regional Asia yang fluktuatif. Pagi ini ada 103 saham yang naik, 136 saham yang turun dan 118 saham terlihat stagnan.

Baca juga: 5 Hal Penting untuk Jadi Trader Saham

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X