Kemenhub Berencana Bangun MRT dari Bandara Balikpapan ke Ibu Kota Baru

Kompas.com - 20/11/2019, 17:05 WIB
Jalan akses menuju Penajam Paser Utara yang dibangun Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara Hilda B Alexander/Kompas.comJalan akses menuju Penajam Paser Utara yang dibangun Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan berencana membangun moda transportasi mass rapid transit ( MRT) yang menghubungkan Bandara Sepinggan di Balikpapan menuju ibu kota baru di Kutai Kertanegara Kalimantan Timur.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Djoko Sasono mengatakan, jalur MRT tersebut bakal dibangun sirkular mengelilingi Kutai Kertanegara.

"Selanjutnya untuk menghubungkan Bandara Balikpapan (Sepinggan), akan dibangun MRT secara sirkular mengelilingi Kutai Kertanegara," kata Djoko di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Djoko menyebut, pembangunan MRT akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama, MRT akan dibangun dari Bandara Balikpapan menuju pusat pemerintahan di Kutai Kertanegara.

Rutenya dari Bandara Sepinggan - Karang Joang - Sepaku Penajam Paser Utara - Pusat Ibu Kota Baru. Namun, Djoko tak menyebut kapan pembangunan tahap I terlaksana.

Kemudian di tahap II, pembangunan MRT akan dilanjutkan melalui jalur utara sehingga menjadi sirkular. Rutenya dari Karang Joang - Semboja - Sepaku - Ibu Kota Negara.

"Transportasi itu dibutuhkan untuk menciptakan konektifitas dan penyediaan layanan transportasi yang berkualitas," tutur Djoko.

Di sisi lain, pihaknya juga merencanakan pembangunan jalur kereta api antar kota trans Kalimantan yang menghubungkan Samarinda menuju Balikpapan. Secara keseluruhan, pembangunan transportasi perkerataapian akan memakan anggaran Rp 209, 6 triliun.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X