Keputusan Suku Bunga Acuan BI Bikin Rupiah Melemah?

Kompas.com - 21/11/2019, 18:04 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.comIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurs rupiah pada penutupan spot Kamis sore (21/11/2019) melemah 37,7 poin atau 0,61 persen pada level Rp 6.117,36 per dollar AS.

Namun, pelemahan rupiah tidak dipicu oleh hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia.

Hasil RDG siang tadi memutuskan bahwa BI tidak menurunkan atau menaikkan suku bunganya seperti proyeksi beberapa analis. BI masih mempertahankan suku bunganya pada kisaran 5 persen.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan bahwa sejauh ini pelemahan rupiah tidak dipengaruhi oleh intervensi BI.

"Kalau dilihat, rupiah melemah karena memang tren mata uang regional melemah dan ini bukan efek dari BI. Di sektor regional (Asia) pergerakan mata uang juga bervariasi," kata Lana kepada Kompas.com.

Baca juga: Pelemahan Rupiah Terdorong Sentimen Suku Bunga Acuan BI

Lana menyebut bahwa dengan suku bunga BI tetap maka akan berdampak baik bagi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, dimana rupiah akan mempertahankan nilainya paling tidak sampai akhir pekan.

"Kalau BI tidak menurunkan suku bunganya, itu akan sangat bagus dimana rupiah bisa terjaga sampai akhir pekan," jelas Lana.

Di sisi lain, Ekonom Bank Permata Josua Pardede menyebutkan bahwa pelemahan rupiah terdorong oleh sentimen eksternal, dimana rencana kesepakatan dagang berpotensi gagal lagi usai Senat AS meloloskan RUU untuk mendukung protes Hong Kong.

"China mengancam akan melakukan tindakan balasan (terkait dukungan AS ke Hong Kong) dan meminta AS untuk menghentikan RUU tersebut menjadi undang-undang, karena ini dapat berdampak pada pembicaraan perdagangan antara kedua negara," jelas Josua.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X