Awal Pekan, Bagaimana Nasib Rupiah Hari Ini?

Kompas.com - 25/11/2019, 09:28 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com –  Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS Senin (25/11/2019), berpotensi datar atau tidak menunjukkan pergerakan yang signifikan.

“Di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan AS-Tiongkok ketika AS mempertimbangkan untuk mendukung Hong Kong dan juga mempertimbangkan untuk menyelidiki kembali perdagangan Uni Eropa, rupiah cenderung bergerak datar,” kata Ekonom Bank Permata Josua Pardede kepada Kompas.com.

Sebelumnya AS menuai kritik China karena mendukung aksi protes yang berlangsung di Hong Kong. Apalagi, Presiden AS Donald Trump menunjukkan dukungannya kepada RUU Hak Asasi Manusia.

Baca juga: BI Optimistis Rupiah Bergerak Stabil di Level Rp 14.000 hingga Akhir Tahun

Josua memproyeksikan rupiah sepanjang hari ini bergerak pada rentang Rp 14.050 per dollar AS hingga Rp 14.125 per dollar AS.

Mengutip data Bloomberg, di pasar spot rupiah pagi ini turun tipis 0,02 persen ke level Rp 14.094 per dollar AS dibandingkan penutupan Jumat pekan lalu pada Rp 14.092 per dollar AS.

Sementara di regional, dollar Hongkong melemah tipis 0,02 persen pada level 7.827 per dollar AS. Demikian juga dengan Yen Jepang yang melemah 0,08 persen pada level 108 per dollar AS.

Di sisi lain, dollar Singapura tampak menguat tipis 0,01 persen pada level 1.364 per dollar AS. Yuan China juga menguat tipis 0,04 persen pada level 7.036 per dollar AS.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X