IMF: Kesehatan Ekonomi China Penting untuk Dunia

Kompas.com - 25/11/2019, 14:12 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.

BEIJING, KOMPAS.com - Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional ( IMF) Kristalina Georgieva menyatakan, China telah menjadi mesin utama perekonomian dunia.

Dengan demikian, kesehatan ekonomi China memberikan dampak yang besar secara global.

Dilansir dari The Star yang mengutip Xinhua, Senin (25/11/2019), Georgieva menjelaskan, ekonomi dunia berada dalam jalur yang tepat untuk mencapai pertumbuhan terendah dalam satu dekade terakhir.

Namun, pertumbuhan ekonomi China masih dalam kisaran target meski melambat, ujar Georgieva.

Pengganti Christine Lagarde ini pun menyoroti langkah-langkah yang diambil pemerintah China untuk mendongkrak perekonomian, seperti pemangkasan pajak dan biaya, penurunan suku bunga, dan reformasi struktural di sisi pasokan. Menurut Georgieva, langkah-langkah itu bagus untuk pertumbuhan ekonomi saat ini dan daya saing China di masa mendatang.

Baca juga: China Sebut AS sebagai Sumber Ketidakstabilan Terbesar di Dunia

"Apa yang telah dilakukan China adalah tepat seperti rekomendasi IMF," terang Georgieva.

Pada Oktober 2019 lalu, IMF menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global menjadi 3 persen pada tahun ini. Angka tersebut merupakan yang terendah sejak krisis keuangan global pada tahun 2008.

"Apa yang kita lihat saat ini adalah pertumbuhan produktivitas yang rendah," ujar Georgieva.

Adapun Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) menyatakan perdagangan barang secara global diprediksi terus berada di bawah tren pada kuartal IV 2019. Ini disebabkan kenaikan tarif.

"Ketegangan perang dagang telah memengaruhi keyakinan. Ketidakpastian adalah musuh terbesar investasi," ungkap Georgieva.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X