Agar Terhindar dari Investasi Bodong, Simak 2 Caranya

Kompas.com - 25/11/2019, 14:38 WIB
Ilustrasi investasi THINKSTOCKS/RIKKYALIlustrasi investasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini ramai di dunia maya soal investasi bernama Binomo yang dikabarkan bisa menghasilkan 1.000 dollar AS tanpa harus meninggalkan rumah.

Namun, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi ( Bappebti) sudah menyatakan bahwa Binomo tidak berizin atau ilegal.

Lalu, bagaimana cara kita menghindari investasi bodong?

Perencana keuangan dari Finansialku, Melvin Mumpuni membagikan tipsnya agar siapapun yang ingin memulai investasi agar berhati-hati dan terhindar dari investasi bodong.

Melvin mengatakan pertama yang harus diperhatikan adalah soal status legalitasnya, apakah investasi itu terdaftar atau tidak.

Baca juga: Investasi Ilegal Marak, OJK Ingatkan Masyarakat untuk Ingat 2L

"Sebelum investasi pelajari dulu produknya. Misal kayak binary trading itu apa? Bagaimana cara kerjanya? Jangan asal tebak-tebakan," ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (25/11/2019)

Ia menilai apa yang diiklankan oleh Binomo seolah menjebak masyarakat ke perjudian dan bukan investasi karena menebak-nebak naik atau turun.

"Cari tahu bagaimana cara mengelola risiko, misal trading di Binomo, Risk managementnya seperti apa?" Ucapnya

Kemudian, sebelum memulai berinvestasi Melvin mengingatkan agar setiap orang membekali dirinya dengan pengetahuan soal keuangan dan perencanaan.

" Investasi itu harus pakai perencanaan. Tahu dulu tujuan keuangannya, berapa yang dibutuhkan, berapa kemampuannya baru pilih produk investasinya," katanya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X