Toyota Astra Antisipasi Kebijakan 20 Persen Mobil di Indonesia Bertenaga Listrik

Kompas.com - 25/11/2019, 15:12 WIB
Ilustrasi mobil listrik. The GuardianIlustrasi mobil listrik.

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Astra Motor mempersiapkan diri untuk menghadapi kebijakan pemerintah yang ingin menghadirkan 20 persen dari total kendaraan, menggunakan tenaga listrik di Indonesia pada 2025.

Hal ini diungkapkan oleh Anton Jimmi Suwandy, selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor dalam Workshop Wartawan Industri dan Otomotif 2019 di Menara Astra, Jakarta Pusat Senin (25/11/2019).

“Saya rasa dari sisi pemerintah arahnya sudah jelas ke kami dan seluruh industri otomotif dimana tahun 2025 pemerintah ingin kira-kira 20 persen dari produk dan penjualan otomotif adalah kendaraan berbasis elektrifikasi,” kata Anton.

Namun sejauh ini, Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) masih sedang dirundingkan oleh pemerintahan, sehingga bisnis otomotif hanya menunggu regulasi dan standar yang diberlakukan.

Anton menyebut bahwa standar regulasi dari pemerintah sangat penting mengingat produk kendaraan bermotor masa kini harus mampu meminimalisir kecelakaan ataupun emisi karbon.

“Regulasi dan peraturan Ppresiden LCEV juga sangat tepat kedepannya, karena kalau LCEV, itu ada standap pengukuran CO2-nya. Termasuk penggunaan baterai dan lain sebagainya yang perlu dijelaskan kepada kami di industri otomotif,” ungkapnya.

Lebih lanjut Anton mengatakn bahwa pemerintah sudah mempersiapkan jauh-jauh hari bahkan sebelum kabinet Joko Widodo. Namun ia yakin dalam waktu dekat pemerintah akan mengeluarkan bentuk standardisasinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Mudah-mudahan tidak lama lagi itu akan keluar supaya kami bisa bicara dengan pihak produksi untuk mempersiapkan produk apa atau produksi lokal apa yang bisa diproduksi nanti di Indonesia,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.