Kompas.com - 25/11/2019, 17:16 WIB
Pajak. ThinkstockPajak.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan melaporkan, penerimaan pajak dari Januari hingga Oktober 2019 hanya tumbuh 0,23 persen menjadi Rp 1.018,47 triliun.

Angka tersebut merosot tajam jika dibandingkan dengan penerimaan tahun lalu yang tumbuh hingga 16,21 persen.

Direktur Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan Pajak DJP Yon Arsal mengatakan salah satu penyebab anjloknya kinerja penerimaan perpajakan adalah besarnya restitusi atau pengembalian pajak yang harus dibayarkan oleh DJP, terutama untuk restitusi dipercepat.

"(Penyebab pertama) restitusi yang besar, karena bagian dari restitusi dipercepat yang meningkat. Meskipun di Oktober kita lihat pertumbuhannya menurun," ujar Yon di Jakarta, Senin (25/11/2019).

Baca juga: Realisasi Penerimaan Pajak Tertekan, Ada Sebabnya?

Dia memaparkan, Oktober tahun lalu pertumbuhan restitusi dipercepat mencapai 78 persen (yoy) sementara untuk tahun ini mencapai 65 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Sebelumnya, Dirjen Pajak Suryo Utomo sempat mengatakan, realisasi restitusi dipercepat hingga Oktober 2019 menapai Rp 29 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun untuk keseluruhan realisasi restitusi mencapai Rp 133 triliun. Jika restitusi pajak tidak dimasukkan dalam hitungan, maka penerimaan pajak sampai akhir Oktober bisa tumbuh 2,9 persen (yoy).

Yon pun memaparkan, faktor kedua penyebab seretnya penerimaan perpajakan tahun ini adalah perekonomian global yang menurun signifikan. Hal tersebut tercermin dari aktivitas impor yang kinerjanya menurun.

Di dalam APBN 2019, pemerintah menargetkan pertumbuhan penerimaan dari Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) impor tumbuh 23 persen.

Baca juga: DPR Minta Pemerintah Serius Dongkrak Penerimaan Pajak

Namun realisasi hingga Oktober, justru kinerjanya minus hingga 7 persen. Padahal, keduanya berkontribusi hampir 18 persen dari total penerimaan pajak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.