Masih Minim Sentimen, Rupiah Menguat Tipis di Awal Pekan

Kompas.com - 25/11/2019, 17:37 WIB
Ilustrasi uang. Dok. HaloMoney.co.idIlustrasi uang.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kurs rupiah menguat tipis di pasar spot pada Senin (25/11/2019).

Rupiah ditutup pada level Rp 14.086 per dollar AS atau menguat 6 poin sebesar 0,04 persen dibandingkan penutupan akhir pekan lalu Rp 14.092 per dollar AS.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Pieter Abdullah mengatakan sepanjang dua minggu rupiah bergerak stagnan karena minim sentimen. Menurutnya, sejauh ini hampir tidak ada isu yang baru yang mempu mendongkrak nilai tukar rupiah.

“Perkiraan saya memang selalu tipis, sudah dua minggu ini karena memang minim sentimen. Sekarang ini sentimen global dan domestic tidak ada yang baru, belum lagi ketidak pastian masih tinggi perjanjian kesepakaran AS-China yang semakin tidak jelas,” kata Pieter kepada Kompas.com.

Baca juga: Awal Pekan, Bagaimana Nasib Rupiah Hari Ini?

Adapun dari domestik, Pieter mengatakan bahwa drama pemerintahan baru periode dua Jokowi masih penuh dengan drama-drama yang masih abu-abu.

“Dari domestik, kita masih disibukkan dengan drama-drama pemerintahan baru yang belum menunjukkan arah yang jelas dimana belum ada kebijakan signifikan yang diambil dan belum memberikan harapan akan trobosan yang membuat ekonomi membaik di tahun 2020,” ungkapnya.

Meski demikian Pieter menyebut bahwa tren rupiah secara jangka panjang akan menguat. Hal ini menurutnya proyeksi neraca dagang di tahun 2020 akan membaik yang artinya neraca berjalan juga akan mebaik.

Selain itu, perkembangan bank sentral yang akan melonggarkan likuiditas akan berdampak positif di tahun 2020.

“Jika dilihat dari perkembangan global dimana bank sentral memberi kelonggaran likuiditas, maka aliran modal tahun 2020 akan tetap lancar masuk ke Indonesia dalam bentuk portofolio, maka supply dollar akan melimpah dan membuat rupiah kita terapresiasi,” ungkapnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X