Menhub Sarankan Keluarga Korban Lion Air JT 610 Ambil Kompensasi

Kompas.com - 25/11/2019, 18:52 WIB
Keluarga dan kolega korban pesawat Lion Air JT 610 terlihat menangis di atas KRI Banjarmasin di sela-sela doa bersama di perairan di dekat lokasi jatuhnya pesawat, 6 November 2018. Ulet Ifansasti/Getty ImagesKeluarga dan kolega korban pesawat Lion Air JT 610 terlihat menangis di atas KRI Banjarmasin di sela-sela doa bersama di perairan di dekat lokasi jatuhnya pesawat, 6 November 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya Sumadi menyarankan keluarga korban jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610 setahun lalu untuk tetap mengambil kompensasi kecelakaan pesawat.

Sebab, kebanyakan keluarga korban tidak mengambil kompensasi karena menganggap tidak bisa menuntut stakeholder terkait.

Akan tetapi, Budi menuturkan, tuntutan tetap bisa dilakukan meski keluarga korban mengambil kompensasi.

"Bisa (menuntut). Dan yurispredensinya ada yang mendapatkan ganti rugi walaupun dia menuntut. Jadi kami sampaikan, kami bilang ambil, kalau mau nuntut tetap nuntut," kata Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin (25/11/2019).

Baca juga: Soal Santunan Korban Lion Air JT 610, Menhub Diminta Bersikap Tegas

Bahkan, pihaknya menyebut telah memfasilitasi penuntutan itu meski Kementerian Perhubungan tidak masuk dalam pihak tersebut.

"Berkaitan dengan anggota keluarga korban yang belum mendapatkan (kompensasi), itu lebih banyak karena mereka ingin tetap menuntut kepada Boeing, dan ini sedang terjadi. Ada bebarapa kelompok yang melakukan gugatan. Kita fasilitasi, tapi kami tidak masuk dalam para pihak," tuturnya.

Dia pun menuturkan telah melalukan hubungan yang intensif kepada korban, yang dikoordinir oleh satu kelompok tertentu.

Budi menuturkan, pihaknya bakal mengupayakan hubungan tersebut dapat terjalin agar pemberian kompensasi berjalan lancar.

"Kami juga melakukan satu kegiatan yang intensif dengan para korban. Yang mereka dikoordinir oleh satu kelompok tertentu. Kami akan upayakan lagi utuk memberikan satu hubungan kepada mereka," pungkasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X