Beragam Cara agar Bisa Meraih Uang Rp 80 Miliar Lewat Investasi

Kompas.com - 26/11/2019, 13:03 WIB
Ilustrasi shutterstock.comIlustrasi

KOMPAS.com - Ada tiga hal utama yang harus diperhatikan dalam berinvestasi agar target uang yang dikumpulkan bisa tercapai.

Pertama nominal uang investasi, kedua durasi investasi, dan ketiga besar bunga/imbal hasil investasi.

Misalkan Anda ingin agar bisa memperoleh uang sekitar Rp 80 miliar dengan investasi. Untuk itu ada beberapa cara untuk memperolehnya.

Cara pertama. Semisal Anda memiliki uang Rp5 miliar dan berinvestasi pada suatu instrument investasi atau ditabung di bank yang memberikan imbal hasil/bunga 15 persen per tahun.

Lalu setiap bulannya selama 10 tahun (120 bulan) tabungan tersebut ditambah Rp225 juta, maka di tahun kesepuluh Anda akan memiliki uang Rp80 miliar-an.

Uang Rp84 miliar ini dapat diperoleh hanya dengan “modal” Rp32 miliar. Perhitungannya, diperoleh dari Rp5 miliar + (Rp225 juta x 120).

Cara kedua. Anda juga bisa memperoleh uang sekitar Rp 80 miliar-an dengan cara investasi atau menabung uang Rp300 juta per bulan pada instrument investasi/tabungan yang memberikan imbal hasil/bunga 15 oersen per tahun selama 10 tahun (120 bulan).

Baca juga : Agar Terhindar dari Investasi Bodong, Simak 2 Caranya

Uang Rp 83 miliar ini dapat diperoleh hanya dengan “modal” Rp36 miliar. Perhitungan modal diperoleh dari Rp300 juta x 120.

Cara ketiga. Cara lain agar Anda bisa mencapai target uang Rp 80 miliar-an adalah dengan menabung uang Rp5 juta per bulan pada instrument investasi/tabungan yang memberikan imbal hasil/bunga 15 persen per tahun selama 36 tahun (432 bulan).

Kesimpulannya, semakin besar nominal uang investasi, maka bisa mempersingkat durasi investasi hingga mencapai target uang yang diinginkan.

Sebaliknya, apabila Anda terkendala dengan besaran nominal uang investasi, maka Anda bisa memperkecil nominalnya, tapi dengan durasi investasi yang lebih panjang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X