Kesetaraan Gender Bisa Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi RI, Ini 7 Caranya

Kompas.com - 26/11/2019, 15:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, salah satunya dengan menerapkan kesetaraan gender di berbagai perusahaan.

Di Asia Pasifik perusahaan yang memajukan kesetaraan gender dapat menambah Produk Domestik Bruto (PDB) hingga 4,5 trliun dollar AS sampai tahun 2025.

Associate Dean for Research and Innovation PPM School of Management, Aries Heru Prasetyo, saat ditemui Kompas.com, Selasa (26/11/2019) mengatakan, meningkatkan atau memajukan kesetaraan gender juga turut berpartisipasi dalam menunjang ekonomi Indonesia

Baca juga: Kesetaraan Gender di Perusahaan Bisa Berkontribusi ke Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Berdasarkan kolaborasi antara UN Women dan United Nations Global Compact ada 7 prinsip-prinsip pemberdayaan perempuan yang dapat diterapkan di tempat kerja, tempat kegiatan usaha dan komunitas.

1. Kepemimpinan yang mendukung kesetaraan gender

Perusahaan diharapkan memiliki program untuk memilih manajer perempuan dengan talenta terbaik untuk memimpin di perusahaan.

Berdasarkan studi yang dilakukan UN Women dan PBB terhadap 50 perusahaan di Indonesia, ada 84 persen perusahaan setidaknya memiliki satu perempuan pada jajaran dewan direksi.

Adapun proporsi rata-rata 28 persen dan 10 persen perusahaan yang memiliki kebijakan atau program untuk mendukung perempuan mencapai kedudukan dewan direksi.

2. Kesetaraan peluang, inklusi, dan nondiksriminasi

Aspek ini terkait apakah perusahaan memiliki peraturan mengenai kerja flkesibel bagi perempuan, memberikan ruang laktasi, penitipan anak atau pelatihan terhadap perempuan.

Tercatat ada 68 persen perusahaan yang memiliki kebijakan untuk mempertahankan karyawan perempuan, memiliki kebijakan mendukung kesetaraan peluang dalam peningkatan karier dan 6 persen perusahaan aktif mengkaji kesetaraan penghasilan.

Baca juga: Perusahaan Harus Terapkan Kesetaraan Gender, Mengapa?

3. Kesehatan, keamanan dan bebas dari kekerasan

Aries menjelaskan ada bagian penting dalam prinsip ketiga seperti kebijakan kesehatan dan keselamatan kerja.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X