Sedihnya Sri Mulyani Saat Tahu Ciputra Telah Berpulang...

Kompas.com - 27/11/2019, 11:12 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati seusai menyampaikan pokok-pokok kebijakan fiskal tahun anggaran 2020 dalam Rapat Paripurna ke 17 DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/5/2019). KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTOMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati seusai menyampaikan pokok-pokok kebijakan fiskal tahun anggaran 2020 dalam Rapat Paripurna ke 17 DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/5/2019).
|

DEPOK, KOMPAS.com — Pendiri sekaligus pemilik Ciputra Group, Ciputra atau Tjie Tjin Hoan, meninggal dunia di Singapura pada Rabu (27/11/2019).

Pengusaha properti tersebut mengembuskan napas terakhir pukul 01.05 waktu Singapura di usia 88 tahun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun mengungkapkan kesedihan dan mengaku baru mendengar kabar tersebut. Saat mendengar, wanita yang kerap disapa Ani ini memperlihatkan wajah murung.

"Saya baru dengar. So sad. Sedih banget ya," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati seusai memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia, Depok, Rabu (27/11/2019).

Baca juga: Ketua Apindo: Pengusaha Properti Ciputra Meninggal Dunia di Singapura

Dalam ingatannya, Ani mengenang Ciputra adalah seorang tokoh yang berkomitmen terhadap lingkungan saat menggarap proyek tertentu. Tak jarang, Ciputra juga memperlihatkan jiwa seni dalam setiap bangunan.

"Pak Ciputra kalau buat saya pribadi, untuk membangun permukiman selalu dengan suatu passion, tidak sekadar profit. Tapi dia juga komitmen terhadap lingkungan, detail saya lihat di beberapa tempat saya lihat kecintaan terhadap seni," ucap Ani.

Dia pun mengaku kehilangan tokoh dengan pemikiran cemerlang itu. Sebab, dia sangat mengagumi sosok Ciputra meski sudah jarang bertemu.

"Saya rasa kita kehilangan seorang tokoh yang memiliki pemikiran bagaimana bisa create bisnis tapi pada saat yang sama dia memanusiakan ciptaannya itu. Saya sudah lama sekali sudah enggak ketemu. Tapi ada beberapa event di mana kita bersama. Tapi saya banyak mengagumi hasil karyanya," katanya.

Baca juga: Mengenang Ciputra, Pengusaha Sukses yang Memulai Usaha dari Garasi

Meninggalnya pengusaha Ciputra membawa duka mendalam bagi perusahaan Ciputra Group. Hal tersebut lantaran Ciputra adalah pendiri perusahaan properti tersebut.

Kepada Kompas.com, Direktur Independen PT Ciputra Development Tbk Tulus Santoso Brotosiswoyo mengungkapkan duka mendalam yang dirasakan oleh segenap jaran Ciputra Group.

"Kami (semua) keluarga besar Ciputra Group mengucapkan turut berduka yang mendalam," ujarnya melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Rabu (27/11/2019).

Baca juga: Ciputra Group: Kami Semua Berduka...



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X