Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MRT Jakarta Berencana IPO di Tahun 2022

Kompas.com - 27/11/2019, 13:25 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta berencana untuk melepas saham ke publik melalui initial public offering (IPO) dalam beberapa tahun mendatang. Dalam rencana pengembangan, MRT Jakarta berencana untuk IPO pada tahun 2022.

William Sabandar, Presiden Direktur MRT Jakarta menyebut pada tahun pertama operasi MRT Jakarta saja bakal meraup pendapatan di atas Rp 1 triliun. Dari jumlah tersebut perusahaan diproyeksikan mencatat laba sebesar Rp 60 miliar-Rp 70 miliar.

"Untuk operasi yang akan dikeluarkan itu Rp 940 miliar, ini angka kotor ya. Jadi kalau pendapatan di atas Rp 1 triliun sehingga kami bisa dapatkan laba bersih komprehensif Rp 60 miliar-Rp 70 miliar," ujarnya di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Baca juga : Bangun MRT hingga Bandara VVIP, Kemenhub Butuh Anggaran Rp 222 Triliun untuk Kaltim

Tahun ini, pihaknya memprediksi pendapatan tiket mencapai Rp 180 miliar, sedangkan pendapatan non tiket Rp 225 miliar. Di luar itu ada pendapatan subsidi sebesar Rp 560 miliar dan pendapatan lain-lain dari bunga bank dan selisih kurs sekitar Rp 40 miliar.

Dengan potensi yang besar, pada tahun depan manajemen membidik laba Rp 200 miliar-Rp 250 miliar hanya dari satu fase. Sedangkan pada 2021 mendatang diproyeksikan laba mencapai Rp 300 miliar-Rp 350 miliar dan berkomitmen untuk membayar dividen.

Bila rencana tiga tahun itu terealisasi dengan baik, maka manajemen berniat untuk melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia.

Dirinya optimistis pengelolaan metro system seperti MRT Jakarta bisa dilakukan dengan cara-cara komersial dan bisa untung.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul : MRT Jakarta berencana IPO tahun 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com