Kadin: Ciputra Seorang Pionir yang Membuat Jakarta Lebih Maju

Kompas.com - 27/11/2019, 15:45 WIB
Ciputra KOMPAS.com/LASTI KURNIACiputra

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendiri dan pemilik Ciputra Group, Ciputra, meninggal dunia di Singapura pada Rabu (27/11/2019) dini hari. Ciputra mengembuskan napas terakhir pada usia 88 tahun.

Pengusaha properti ini dipandang menjadi salah satu sosok yang amat berjasa dalam pembangunan kota Jakarta.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri ( Kadin) Bidang Industri Jhonny Dharmawan, saat ditemui Kompas.com di sela-sela Electric Vehicle Indonesia Forum & Exhibition, Rabu, mewakili Kadin Indonesia mengucapkan dukacita sedalam-dalamnya.

"Beliau adalah salah satu founder, pionir yang membuat Jakarta lebih maju, kota-kota yang bagus dan kita harus apresiasi," ujarnya.

Baca juga: Ketua Apindo: Pengusaha Properti Ciputra Meninggal Dunia di Singapura

Jhonny juga menjelaskan bahwa Ciputra memiliki peran penting dalam perkembangan properti di Jakarta. Berkat tangan dingin Ciputra, kawasan Ancol dan Kebayoran terlihat lebih bagus saat ini.

"Kita kehilangan satu tokoh, tapi kita tidak bisa melawan alam, umur juga. Paling penting hargai beliau sebagai penemu, penggagas yang membuat Jakarta sebagus sekarang," tutupnya.

Ciputra lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931. Selama kariernya, Ciputra telah mendirikan dan mengembangkan sejumlah kawasan properti termasyhur di kawasan Jakarta dan beragam kota lain di Indonesia.

Sebut saja Taman Impian Jaya Ancol, BSD City, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, dan proyek-proyek skala kota lain yang tersebar di seluruh Indonesia, serta Ciputra World 1 Jakarta yang mendunia berkat tamu-tamu pentingnya, seperti Raja Salman bin Al Saud.

Baca juga: Ciputra Tutup Usia, Saham CTRA Bergerak di Zona Hijau

"Bagi saya, beliau adalah perintis dan tokoh dunia properti yang karya-karyanya memberi warna di kota-kota di seluruh Nusantara, bahkan ke negara lain. Bagi saya yang beruntung bekerja untuk beliau, beliau adalah great leader, inspiratif, dan selalu menumbuhkan integritas, profesionalisme, dan entrepreneurship bagi kami semua," tutur Direktur Ciputra Group Artadinata Djangkar kepada Kompas.com, Rabu.

Selama lebih dari lima dekade pergulatannya dengan bisnis properti, Ciputra telah membangun tiga imperium, yakni Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group.

Sembilan di antara anak-anak usaha ketiga "pohon bisnis" ini merupakan perusahaan terbuka. Kinerja keuangan ketiganya terus memperlihatkan grafik menanjak.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X