Danareksa Luncurkan Reksa Dana Saham Syariah

Kompas.com - 27/11/2019, 18:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Danareksa Investment Management (DIM) meluncurkan Reksa Dana Saham Syariah berdenominasi dollar Amerika Serikat (AS). Reksa dana itu diberi nama Danareksa G20 Sharia Equity Fund Dollar.

Direktur Utama DIM, Marsangap P Tamba mengatakan, sejak 2016 hinhga 31 Desember 2018 pertumbuhan Reksa Dana Syariah berbasis Efek Syariah Luar Negeri mencapai 898 persen, dari Rp 901 miliar menjadi Rp 9 triliun.

“Angka tersebut menunjukan minat investor Indonesia yang sangat besar namun di sisi lain kami melihat jumlah produk yang ditawarkan untuk saat ini masih sangat terbatas, sehingga investor tidak diberikan banyak pilihan. Berdasarkan kondisi itulah DIM akhirnya membentuk Danareksa G20 Sharia Equity Fund Dollar,” ujar Marsangap dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/11/2019).

Baca juga: Industri Reksa Dana Hadapi Ujian Berat, Investor Diimbau Tidak Panik

Marsangap menambahkan, jika melihat dari pergerakan pasar saham dunia, ada kalanya pergerakan saham di developed dan emerging market tidak berjalan beriringan.

Menurut dia, Danareksa G20 Sharia Equity Fund Dollar merupakan perpaduan yang sempurna untuk dapat meraih kesempatan berinvestasi pada developed dan emerging market pada waktu yang bersamaan. Sekaligus memecahkan masalah adanya risiko capital outflow dari developed ke emerging market maupun sebaliknya.

“Dalam pengelolaan Danareksa G20 Sharia Equity Fund Dollar, DIM bekerja sama dengan Invesco Asset Management Limited, UK sebagai penasihat investasi,” kata dia.

Marsangap melanjutkan, dari sisi strategi pengelolaan, Danareksa G20 Sharia Equity Fund Dollar akan dikelola secara aktif untuk mendapatkan alpha dari portfolio yang terkonsentrasi (high conviction).  

“Untuk produk ini, kami menargetkan investor ritel dan institusi yang memiliki eksposur di USD dan menginginkan imbal hasil maksimal dalam jangka panjang. Oleh karena itu, selain melakukan pemasaran secara langsung kepada client DIM, rencananya kami juga akan menggandeng beberapa mitra Agen Penjual, baik Bank, Fintech maupun Sekuritas,” ucap dia.

Baca juga: Memanfaatkan Bulan Baik Investasi Reksa Dana Saham

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.