Cara Memanfaatkan Kartu Kredit buat Liburan agar Untung Banyak

Kompas.com - 28/11/2019, 07:40 WIB
Ilustrasi kartu kredit ShutterstockIlustrasi kartu kredit

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang mengasumsikan bahwa menggunakan kartu kredit identik dengan sikap boros dan juga konsumtif.

Namun, jangan buru-buru menilai negatif karena ternyata ada banyak benefit dalam kartu kredit yang bisa Anda manfaatkan, terutama bagi Anda yang berencana berlibur akhir tahun.

Kartu kredit umumnya memberikan penawaran-penawaran menarik bagi penggunanya. Supaya kartu kredit Anda bisa menguntungkan, tentunya penggunaannya harus tepat guna.

Menurut perencana keuangan Budi Rahardjo, ada beberapa cara menggunakan kartu kredit supaya untung, antara lain:

1. Hindari utang

Banyak orang yang berpikir, kartu kredit adalah kartu yang memudahkan untuk berutang. Namun, sebenarnya kartu kredit lebih memegang peran penting, yakni sebagai dana darurat.

Baca juga : 3 Kesalahan Fatal Pemegang Kartu Kredit

Oleh sebab itu, jika Anda ingin menggunakan kartu kredit saat liburan, pastikan Anda tidak membayar dalam bentuk utang. Artinya, saat tagihan jatuh tempo, Anda bisa membayar sejumlah pemakaian Anda tanpa mencicil.

"Kan kartu kredit itu menjadi masalah ketika Anda liburan dengan berutang. Beda jika kita memang sudah mempunyai anggarannya," kata Budi kepada Kompas.com, Selasa (26/11/2019).

2. Ukur kemampuan

Mengukur kemampuan Anda dalam menggunakan kartu kredit cukup penting. Jika Anda berorientasi pada benefit, maka harus diimbangi dengan kemampuan Anda dalam pembayaran tagihan saat jatuh tempo.

Budi mencontohkan, jika Anda mengalokasikan dana Rp 15 juta sampai dengan Rp 20 juta, maka penggunaan kartu kredit untuk liburan Anda seharusnya tidak lebih dari alokasi dana Anda.

"Kalau ternyata Anda memilih liburan dengan kartu kredit tanpa mengukur kemampuan Anda untuk bayar, maka ini adalah kapasitas keuangan yang tidak pada tempatnya. Anda memaksakan liburan dengan berutang dan kartu kredit ini bisa menjadi bumerang," jelas Budi.

3. Maksimalkan promo

Hal yang paling membahagiakan adalah mendapatkan promo atau diskon dengan harga spesial. Manfaatkan promo kartu kredit Anda dengan tetap berada pada batas alokasi dana liburan.

Selain harganya menjadi jauh lebih murah, Anda juga berkesempatan memperoleh poin dan hadiah dari penggunaan kartu kredit.

"Kita menggunakan untuk mendapatkan promo dan lain-lain. Saat jatuh tempo harus langsung dilunasi, maka Anda akan mendapatkan benefitnya seperti poin dan lainnya," ungkap Budi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X