Jadi Dirut PLN, Rudiantara Turun Pangkat?

Kompas.com - 28/11/2019, 15:01 WIB
Rudiantara KOMPAS.com/ GITO YUDHA PRATOMORudiantara

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dikabarkan akan dijadikan Direktur Utama PT PLN (Persero).

Sejumlah pihak menilai Rudiantara akan turun pangkat jika menerima jabatan Dirut PLN. Sebab, posisi Rudiantara sebelumnya adalah seorang menteri.

Namun, mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan memiliki pandangan yang berbeda. Dia menilai Rudiantara akan naik pangkat setelah menjadi Dirut PLN.

“PLN memang di bawah menteri. Secara struktur. Demikian juga Pertamina. Tapi dirut dua BUMN tersebut bisa dibilang tidak kalah kelas dengan menteri. Banyak kementerian yang anggaran jauh di bawah PLN atau Pertamina,” ujar Dahlan dalam laman pribadinya, disway.id seperti yang dikutip Kompas.com pada Kamis (28/11/2019).

Baca juga: Dahlan Iskan: Saya Tidak Pernah Meragukan Kemampuan Ahok...

Dahlan menambahkan, dirut PLN dan Pertamina kerap diundang dalam tapat kabinet. Atas dasar itu, dia menilai Rudiantara tak akan terasa turun jabatan saat menduduki posisi Dirut PLN.

“Rudiantara tidak harus merasa turun kelas. Harus merasa naik kelas,” kata Dahlan.

Dahlan menuturkan, saat ini memang sulit mencari sosok yang tepat untuk dijadikan Dirut PLN. Sebab, di dalam tubuh PLN kerap terjadi kubu-kubuan.

Atas dasar itu, Dahlan menilai Rudiantara adalah sosok yang tepat mengisi jabatan Dirut di PLN.

“Di PLN itu titik beratnya ‘hanya’ pada leadership. Ahli-ahlinya luar biasa banyak. Yang lebih berat adalah masalah politiknya. Saya bisa bercerita banyak soal ini.,” ucap dia.

Baca juga: Plt Dirut PLN Datangi Kantor Erick Thohir, Ada Perombakan Direksi?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X