Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Tanda Tangani UU soal Hong Kong, Sri Mulyani: Ini Akan Jadi Eskalasi Konflik

Kompas.com - 28/11/2019, 16:06 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrayati menyoroti aksi Presiden AS Donald Trump yang pagi tadi sudah menandatangani RUU dukungan terhadap demonstran anti pemerintahan Hong Kong.

Menurut Sri Mulyani, Trump yang dengan berani mencampuri urusan internal daerah otonomi China akan menyebabkan eskalasi konflik berkepanjangan. Hal ini akan berdampak pada kondisi ekonomi global yang semakin melambat.

"Pagi ini Presiden Trump menandatangani Undang-undang yang diajukan oleh kongres untuk masalah Hong Kong. Ini pasti nanti akan menjadi eskalasi konflik," kata Sri Mulyani di Jakarta Pusat Kamis (28/11/2019).

Baca juga: Trump Tanda Tangani UU yang Dukung Demonstran Hong Kong

Sri Mulyani menyebut, eskalasi konflik akibat kebijakan ini akan semakin meningkatkan pesimisme akan kesepakatan dagang antara AS dan China akhir tahun ini.

"Tantangan dari sisi geopolitikal, di mana ini akan menambah persoalan perang dagang yang selama ini belum menemukan formula bagaimana cara mengatasinya. (Penandatanganan RUU HongKong) akan mewarnai ketegangan global," ucap wanita yang akrab disapa Ani itu.

Meski demikian Ani menyebutkan, bahwa dengan lingkungan global yang melemah, lambat, dan penuh dengan konflik, Indonesia akan mampu bersaing dan memiliki daya tahan terhadap hantaman ekonomi global.

Namun syaratnya adalah desain APBN 2020 yang berdaya saing serta mampu mencapai perekonomian Indonesia yang inovatif sekaligus meningkatkan kualitas manusia.

Baca juga: Bertemu Sri Mulyani, Nadiem Salah Tingkah...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com